Knalpot hyundai sering patah, kenali penyebabnya

Fungsi knalpot tak lain ialah untuk meredam suara ledak yang dihasilkan dari proses pembakarang di ruang bakar. Untuk meredam suara ledakan yang sangat bising ini tidak serta merta langsung dilepaskan ke udara namun ditampung dulu di perut knalpot atau muffler, kemudian muffler ini mengandung bahan bahan yang mampu meredam suara ledakan tersebut sehingga ketika dilepaskan ke udara suranya sudah jauh lebih bersahabat di telinga.knalpot juga berfungsi untuk menambah daya mesin, mau tau coba aja knalpot sobat dilepas saja, bandingkan deh.

Sebelum ke pokok permasalahan ada baiknya kita bicarakan sebentar soal bagaimana cara kerja knalpot ini, begini hlo ceritanya Gas buang sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot) dibuang dan berkumpul di perut knalpot(muffer),akibatnya lebih dari separo gas tersebut akan kembali ke leher knalpot (efek turbulensi) , membuat tekanan lebih tinggi lagi , menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 %.
gambar : ilustrasi knalpot

Bila telah memahami cara kerja knalpot sobat bisa mikir 2x bila mau modifikasi knalpot kan, tak seperti kasus saya ini, berbagai macam kelakuan supir, knalpot muffler patah masih saja di pakai, ada yang di modif dengan suara siulan, mungkin mereka belum paham, disitu kadang saya mengelus dada.

Membahas knalpot saya yakin sobat truk hyundai semua pasti dan aya yakin pernah mengalami patah knalpot, terutama di bagian leher knalpot, kenapa demikian? Setelah beberpa kali mengalami hal tersebut dapat saya tulis penyebabnya

1. Gantungan knalpot kurang

Pada truk hyundai hanya ada satu gantungan knalpot yang ada di tengah, bener g sobat? Coba tengok sejennak knalpot sobat, sehingga ada ketegangan yang terlampau besar di terima oleh leher knalpot ditambah lagi ada panas yang begitu tinggi, tau dong bagaimana sebuag pipa di tarik masih ditambai panas so pasti dia akan retak dan patah. Pada truk sederajat dengan hyundai saya perhatikan mereka memiliki lebih dari satu gantungan yang menahan knalpot sehingga umur mereka lebih panjang

2. Umur knalpot

Siapa yang mau melawan umur, pasti jika knalpot telah lama dia akan keropos dan berlubang, keropos yang sering ada di wilayah muffler, kalau keropos, ampun suaranya.

Sparepart

Bila sobat truk hyundai mengalami patah leher kanpot yang pasti kalau belum ada dana di las dulu, tapi jangan salah tukang las knalpot ini lumayan mahal hlo, saya sampai geleng kepala, Cuma nge las sedikit saja mahalnya minta ampun, namun bila sobat ada dana tinggal ganti saja pakai truk lain untuk muffler tapi ya, sedangkan untuk leher knalpotnya belum saya temukan persamaannya, soo sobat bisa pesan lewat saya kalau mau.



Demikian info dari sobat pecinta truk hyundai kali ini, ingat selalu kontrol kondisi knalpot anda, jangan sampai patah atau retak ramput. Salam satu aspal
Load disqus comments

0 komentar