Penyebab gigi transmisi loncat,kenali penyebabnya

Transmisi adalah bagian dari rangkaian system pemindah daya, terletak setelah system kopling, ia memiliki fungsi sebagai penerus putaran mesin dari kopling ke poros propeller sesuai dengan kebutuhan kecepatan pengemudi, serta memungkinkan kendaraan dapat berjalan mundur.

block transmisi


Dalam suatu kasus tentang transmisi yang pernah saya alami, ada beberapa hal yang membuat saya bingung, kenapa sebagian besar truk yang saya miliki memiliki permasalan yang hampir sama, yaitu system transmisi rewel.


Kerusakan biasanya ketika tongkat masuk ke gigi 3 saat melewati jalan jelek atau dalam kecepatan tinggi tongkat ini kembali netral.nah dibawah ini saya rangkum beberapa kerusakan truk milik saya berkenaan dengan transmisi:

Pada saat berjalan tiba tiba transmisi netral sendiri


Permasalahan ini sering saya alami dan mungkin sebagian besar masalah transmisi adalah tongkat kembali netral. Bayangkan jika kita sedang jalan menanjak dan butuh kecepatan ,tiba tiba persnelling kembali netral, hufff

Adapun beberapa penyebab gigi transmisi loncat;

1. Gangguan pada sistem pemindah gigi

Batang-batang penghubung mekanisme tongkat pemindahan gigi yang tidak langsung menuju bak roda gigi persneling menyebabkan gangguan lebih besar dibandingkan dengan yang langsung menuju bak persneling. Sambungan pada batang penghubung aus menyebabkan pemindahan gigi tidak sempurna dan roda gigi belum berpasangan dengan benar. Akibatnya, karena getaran atau guncangan, hubungan roda gigi terlepas. Batang penghubung pemindah gigi aus juga dapat menyebabkan kemacetan pada saat persneling dipindahkan. Banyak gangguan pemindahan gigi persneling terjadi karena kopling tidak dapat dilepaskan dengan sempurna. Yakinkan sistem pelepasan kopling telah sempurna sebelum memeriksa sistem pemindah gigi.

Baca juga :knalpot hyundai sering patah,kenali penyebabnya

2. Bantalan aus.

Bantalan poros aus menyebabkan kedudukan roda gigi tidak tepat. Akibatnya, hubungan roda gigi tidak benar.

3. Gigi sinkromes rusak

menyebabkan pemindahan gigi tidak lancar disertai bunyi gemetar dari roda gigi.
Baca juga : Syncromesh truk hyundai

4. Gigi gompal





Kemungkinan penyebab kerusakan pada transmisi adalah kurangnya oli pelumas transmisi. Kebocoran pada seal belakang transmisi menyebabkan oli transmisi keluar sedikit demi sedikit. Karena tidak di kontrol sampai oli transmisi habis. Tanpa Oli transmisi maka kerja gigi-gigi yang ada di dalam transmisi terganggu, terutama needle bearing yang merupakan komponen yang sangat perlu memerlukan pelumasan. Kemungkinan needle bearing gigi no 3 macet, sehingga gigi no 3 tidak dapat berputar bebas pada main shaft (mengunci). Sehingga transmisi macet.

Seharusnya sebelum terjadi kerusakan transmisi yang extrim seperti ini, pengemudi dapat merasakan adanya kelainan, seperti suara kasar, jalan tersendat dan susah masuk gigi.

Baca juga : Sparepart Gigi Gardan truk Hyundai
Untuk mencegah kerusakan seperti ini terjadi lakukan penggantian oli transmisi secara teratur setiap 20.000 Km atau sesuai buku manual kendaraan. Periksa adanya kebocoran yang sering terjadi pada seal transmisi belakang, dan atasi dengan segera.

Kesimpulan

Dari beberapa masalah yang saya paparkan diatas, kerusakan karena gigi transmisi yang melompat kembali netral,pada truk hyundai yang saya miliki lebih sering diakibatkan karena gigi tersebut gompal dan juga gigi sincromesnya pecah.

Sparepart

Sparepart untuk transmisi tidak ada kesamaan dengan truk lain sob, soo sudah tau donk harus beli asli hyundainya.

Sekian artikel saya tentang kerusakan transmisi truk hyundai




Load disqus comments

3 komentar