Gardan Truck Hyundai Dengung


Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada truk yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Putaran roda berasal dari proses yang terjadi di ruang mesin Proses inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun. Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol. Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.
Baca Juga : Lampu belakang sering mati, kenali penyebabnya
Dari semua keluhan yang saya dengar masalah gardan dengung di truk hyundai ini sering dialami oleh teman teman diluar sana dan termasuk juga dengan saya.komponen gardan ini memang agak rewel atau bisa dikatan sering sekali menjangkiti truk hyundai,kendala diawali dengan suara mendengung apabila jalan makin kencang maka bunyi dengung in tidak mau ketinggalan, diapun akan ikut ikut makin kencang, merepotkan dan sangat bising bukan.

Untuk mengatasi masalah ini coba lakukan analisa ini;

1. Check oli gardan

Coba sebelum ke langkah yang lebih berat kita check dulu oli gardan ini, perlu juga diketahui sering kali oli gardan rembes merupakan penyakit umum bagi truk hyundai karena bocornya seal gardan. Kuras oli gardan dan coba ganti yang baru.
Baca Juga : Fungsi Filter oli

2. Turun Gardan

Jika oli sudah diganti namun suara dengung masih terdengar dan cenderung tidak ada perubahan maka terpaksa kita turunkan gardan nya, merepotkan memang, coba anda check satu persatu item item di bawah ini;

a. gigi nanas gompal


gigi nanas gompal

gigi ini langsung menempel pada gigi matahari, bila gompal sudah barang tentu putaran tidak sepenuhnya di tranfer ke gigi matahari, penyakit utama kerusakan ini karna telat oli gardan atau sering lupa dan terlupakan, sehingga panas yang ditimbulkan oleh gesekan tidak segera di redam oleh oli.gigi nanas gompal inilah yang sering sebagai penyebab gardan dengung.

b. Gigi Matahari

Gigi matahari gardan hyundai

Periksa apakah Gigi- Gigi Matahari ada yang gompal ataukah sudah aus yang ditandai dengan gigi- gigi terlihat runcing.

Periksa apakah Gigi- Gigi Matahari secara teliti ada yang gompal ataukah sudah aus yang ditandai dengan gigi- gigi terlihat runcing.bila gigi nanas gompal biasanya diikutu oleh salah satu gigi matahari yang ikut gompal

c. Stel Spelling Gigi Matahari dengan Gigi Salib



Setting spelling gigi matahari dan salib

Apabila setelah anda lakukan pemeriksaan dan ternyata gigi nanas bagus dan gigi matahari juga bagus artinya tidak ada gigi yang gompal, namun terlihat gigi-gigi agak runsing. maka lakukan penyetelan pada gigi matahari dan gigi salibnya.

Sparepart

Komponen Gardan ini tidak ada persamaannya, pernah suatu ketika saya berencana untuk mengganti satu set gardan dengan milik colt diesel tetapi dudukan kopelnya tidak sama, hyundai memiliki kopel yang besar, untuk sparepart gardan ini bisa dibeli dengan 2 paket.

1. Gigi nanas dan Matahari

2.Gigi salib ,bolu dan settingannya
Baca juga : Sparepart Gigi gardan hyundai
jadi sobat bisa beli sparepart terpisah tergantung item mana yang rusak.

demikian yang dapat saya share tentang gardan hyundai yang dengung semoga bermanfaat
Load disqus comments

14 komentar