Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah
kendaraan dengan cara membelokkan roda-roda depan.Bila roda kemudi diputar, steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke
steering gear. Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan
momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage.
Pada truck hyundai sudah memakai system kemudi Power
Steering Sistem kemudi ini memiliki sebuah booster hidraulis dibagian tengah
mekanisme kemudi agar kemudi menjadi lebih ringan. Dalam keadaan normal
beratnya putaran roda kemudi adalah 2-4 kg
Sistem power steering direncanakan untuk mengurangi
usaha pengemudian bila kendaraan bergerak pada putaran rendah dan menyesuaikan
pada tingkat tertentu bila kendaraan bergerak, mulai kecepatan medium sampai
kecepatan tinggi.
Penggunaan power steering memberikan keuntungan
seperti :
- Mengurangi daya pengemudian ( steering effort )
- Kestabilan yang tinggi selama pengemudian
Cara kerja power steering :
gambar ; Komponen Power steering |
1. Posisi netral
Minyak dari pompa dialirkan ke katup pengontrol (
control valve ). Bila katup pengontrol berada pada posisi netral, semua minyak
akan mengalir melalui katup pengontrol ke saluran pembebas ( relief port )dan
kembali ke pompa. Pada saat ini tidak terbentuk tekanan dan arena tekanan kedua
sisi sama, torak tidak bergerak.
Animasi gerakan fluida pada posisi netral
2. Pada saat membelok
Pada saat poros utama kemudi (steeringmain shaft)
diputar ke salah satu arah, katup pengontrol juga akan bergerak menutup salah
satu saluran minyak. Saluran yang lain akan terbuka dan akan terjadi perubahan
volume aliran minyak dan akhirnya terbentuk tekanan. Pada kedua sisi torak akan
terjadi perbedaan tekanan dan torak akan bergerak ke sisi yang bertekanan
rendah sehingga minyak yang berada dalam ruangan tersebut akan dikembalikan ke
pompa melalui katup pengontrol.
Penyebab
Meski sudah berteknologi power steering, kadang
putaran di lingkar kemudi truk bisa menjadi lebih berat dibanding biasanya.
Memang sih, sangat jarang terjadi, namun ketika terjadi, paling tidak sudah
bisa diketahui penyebabnya. Beratnya putaran kemudi bisa disebabkan karena
perilaku dari pengemudi itu sendiri atau juga akibat komponen lainnya. Apa
saja yang perlu diperhatikan ketika setir tiba-tiba berat?:
1.Ban botak juga bisa membuat putaran lingkar kemudi
menjadi berat. Penyebabnya, karena dengan ban botak tersebut, area kontak
dengan aspal menjadi lebih banyak.
2.Tekanan angin ban yang kurang juga sebenarnya
membuat lingkar kemudi jadi berat. Sama seperti ban botak, kejadian ini kerap tidak
dirasakan oleh pengemudi. Akan sangat terasa kalau ban depan secara bersamaan
kurang angin
3. Kerusakan pada sistem power steering juga menjadi
penyebab lingkar kemudi bisa tiba-tiba berat.
Sama seperti yang saya alami ketika steering truk
hyundai lambat laun terasa berat dan hampir sama beratnya bila tidak memakai
power steering.adapun komponen komponen power steering yang saya periksa:
1. ‘U’ hose
Posisinya berada dekat dekat fan belt ,biasanya hose
ini sobek tergesek fan belt karena memang jarak hose ini terlalu dekat dengan
fan belt, Jika sobek anda ganti saja dengan hose yang serupa diameternya. Serta
hose yang ada dibawah tank oil power steering.
2. Hose oil press
Bilamana hose ini yang bocor. nah anda tidak akan
menemukan persamaanya, satu satunya cara kita repair ke tukang press harganya
lumayan mahal antar 300-400 ribu gan,kita cukup ganti hose nya saja karena
kepala hose ini yang memang tidak ada persamaannya.
3. Pump Power steering
Coba cek area power steering, saya pernah
mendapatkan 1 kasus dimana oli power steering rembes dari area pump ini, yah
terpaksa saya ganti pump power steering, jika ada sobat yang berkenan saya
masih ada 1 stock pump power steering.
Cukup sekian saja share saya kali ini soal power
steering hyundai yang berat
1 komentar: