Mesin Sering panas - Setiap mesin kendaraan pasti dilengkapi dengan indikator panas, indikator panas ini pada dasrboard terdapat huruf "H dan C" yang artinya hot dan cool, posisi jarum yang menandakan suhu mesin normal adalah ditengah-tengah, jika jarum sudah mulai naik itu adalah masalah serius.
Jangan sekali kali meremehkan jarum indikator suhu mesin ini, terkadang kita dan saya pun jikalau terlalu asik mengemudi amat jarang memperhatikan posisi dari jarum ini, mulai saat ini sesekali coba anda perhatikan posisi jarum ini, karena kerusakan akibat suhu panas ini amat fatal bisa mesin terbakar atau mobil berhenti total di tengah jalan.
anda perlu untuk mengontrol air radiator ini paling tidak 2 hari sekali, berhatikan juga kuantitas air yang ada di tabung reservoir.
ketika termostat mengalami kerusakan terkadang katub tidak mau membuka mesti suhu air suhu mencapai puncaknya,hal tersebut sudah pasti akan membuat indikator suhu menjadi naik seketika, mana mungkin air yang panas mampu untuk menyerap panas mesin.
dari sekian hal yang menyebabkan suhu cepat panas, selang radiator inilah yang memegang rekor tertinggi penyebab mesin truk hyundai cepat panas.
salah satu kasus pada truk hyundai saya adalah bypass hose radiator bocor, kebocoran ini tidak besar, air hanya menetes saja, dalam kondisi normal air radiator itu tidak akan cepat berkurang, namun beda dengan truk yang saya miliki, air radiator cepat sekali berkurang dan suhu cepat sekali naik.
yang perlu dipersiapkan :
1.Hose
2.Grease
3.Kunci Kunci
1. Siapkan selang
Kita bisa mencari di toko spareprt, tidak perlu pusing, hose ini sudah banyak persamaannya, dan saya memakai hose mitshubisi canter. yang penting anda cari yang ada bentuk 'U' nya, agak panjang tidak menjadi masalah, asal jangan kependekan, carilah yang diameternya sama.
2. Lepaskan clamp atas dan bawahnya, kemudian tarik hosenya (gambar.3), mungkin akan ada kesulitan saat menarik hose ini, karena kerak air pasti akan menempel di seluruh pipa nya, tarik sambil putar-putar.
3 .Berikan grease di sekeliling Pipe. setelah hose rusak terlepas, bersihkan dahulu kotoran yang menempel di pipa kemudian oleskan grease di seluruh pipa tadi agar sewaktu memasukkan hose yang baru anda tidak mengalami kesulitan.
4. Pasangkan Hose Baru, jangan lupa tambahkan air radiatornya. anda bisa mengetes hose tersebut bocor atau tidak sambil menekan pedal gas agak kencang, jika ada rembesan pasti terlihat.
Demikian kiranya yang bisa saya informasikan kepada anda sobat solusihyundai tentang penyebab mesin hyundai cepat panas, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. terima kasih
Jangan sekali kali meremehkan jarum indikator suhu mesin ini, terkadang kita dan saya pun jikalau terlalu asik mengemudi amat jarang memperhatikan posisi dari jarum ini, mulai saat ini sesekali coba anda perhatikan posisi jarum ini, karena kerusakan akibat suhu panas ini amat fatal bisa mesin terbakar atau mobil berhenti total di tengah jalan.
Baca juga : Sparepart didalam mesin truk hyundaiSeperti yang akan saya sampaikan pada artikel saya kali ini, dimana truk hyundai sering sekali cepat panas, baru berjalan beberapa lama jarum sudah tiba tiba naik tak karuan, suhu mesin yang cepat panas ini sering saya alami pada armada yang saya miliki, kerusakan akibat suhu mesin tak terkontrolpun sudah menyebabkan banyak truk yang tumbang.
Beberapa hal sebagai penyebab suhu mesin cepat panas
beberapa hal dibawah ini merupakan penyebab truk hyundai cepat panas yang saya rangkum dan paling sering saya alami.1. Cairan radiator
Penyebab utama mesin cepat panas adalah kuantitas air radiator sudah berkurang, air merupakan media pendingin mesin pada diesel, kualitas air dan banyak sedikitnya air menjadi pengaruh yang fatal bagi mesin. air yang berkurang akan menyebabkan panas mesin tidak dapat terserap dengan cepat, alhasil mesin akan mengalami overheat seketika itu juga.anda perlu untuk mengontrol air radiator ini paling tidak 2 hari sekali, berhatikan juga kuantitas air yang ada di tabung reservoir.
2. Thermostat
thermostat merupaka katub yang mengatur aliran air panas dan dingin diantara radiator dan mesin, ketika air didalam mesin sudah mencapai suhu panas sesuai dengan suhu yang di setting pada katub termostat maka katub akan membuka dan mengalirkan air panas menuju radiator.ketika termostat mengalami kerusakan terkadang katub tidak mau membuka mesti suhu air suhu mencapai puncaknya,hal tersebut sudah pasti akan membuat indikator suhu menjadi naik seketika, mana mungkin air yang panas mampu untuk menyerap panas mesin.
Baca Juga : Mengatasi oli power steering truk hyundai bocorPerbaikan yang saya lakukan justru saya sering mencopot katub termostat ini, biarkan saja air bebas mengalir dari radiator ke mesin.
3. Radiator dan bypass hose radiator
bypass hose radiator pecah |
dari sekian hal yang menyebabkan suhu cepat panas, selang radiator inilah yang memegang rekor tertinggi penyebab mesin truk hyundai cepat panas.
salah satu kasus pada truk hyundai saya adalah bypass hose radiator bocor, kebocoran ini tidak besar, air hanya menetes saja, dalam kondisi normal air radiator itu tidak akan cepat berkurang, namun beda dengan truk yang saya miliki, air radiator cepat sekali berkurang dan suhu cepat sekali naik.
Baca juga ; Master kopling atas truk hyundaiBypass Hose radiator Ini Terletak Dibawah Hose Inlet Radiator bentuknya "U" dan berdiameter kecil, Hose ini sebagai penghubung ruang mesin dengan termostat, hose ini sangat vital karena air panas lalu lalang dari ruang pendingan engine menuju ke termostat,sudah pasti hose ini lambat laun akan bocor dan pecah karena tekturnya pun melengkung semakin menambah cepatnya hose ini bocor. kalau kecolongan sangat fatal. air radiator bisa kering dan dooor, mesin anda rontok.
Mengganti bypass hose radiator truk hyundai
Hose Ini gampang ditemukan, kita tinggal bawa sample, yang penting diameter dan bentuknya sama bisa digunakan.yang perlu dipersiapkan :
1.Hose
2.Grease
3.Kunci Kunci
Langkah Langkah Perbaikan :
Langkah-langkah mengganti bypass hose radiator |
1. Siapkan selang
Kita bisa mencari di toko spareprt, tidak perlu pusing, hose ini sudah banyak persamaannya, dan saya memakai hose mitshubisi canter. yang penting anda cari yang ada bentuk 'U' nya, agak panjang tidak menjadi masalah, asal jangan kependekan, carilah yang diameternya sama.
2. Lepaskan clamp atas dan bawahnya, kemudian tarik hosenya (gambar.3), mungkin akan ada kesulitan saat menarik hose ini, karena kerak air pasti akan menempel di seluruh pipa nya, tarik sambil putar-putar.
3 .Berikan grease di sekeliling Pipe. setelah hose rusak terlepas, bersihkan dahulu kotoran yang menempel di pipa kemudian oleskan grease di seluruh pipa tadi agar sewaktu memasukkan hose yang baru anda tidak mengalami kesulitan.
4. Pasangkan Hose Baru, jangan lupa tambahkan air radiatornya. anda bisa mengetes hose tersebut bocor atau tidak sambil menekan pedal gas agak kencang, jika ada rembesan pasti terlihat.
Demikian kiranya yang bisa saya informasikan kepada anda sobat solusihyundai tentang penyebab mesin hyundai cepat panas, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. terima kasih
0 komentar