Pen Per truk Hyundai Lepas

Pen per, dialah Komponen Penghubung Per dengan Hanger Per, Dia berfungsi Sebagai sendi bagi per agar dia dapat berayun mengikuti Tenaga dorongan dari atas serta mengikuti ayunan roda sesuai kondisi jalan, karena seringnya dia bergerak dan berputar sudah barang tentu komponen ini seiring waktu akan longgar dan lepas, kalau lepas bagaimana? truk akan miring sebelah,

bagi sobat yang belum tau dimana letak pen per truk hyundai ini, nah gambar berikut akan menunjukkan dimana letak Pen per tersebut,
Gambar : Posisi Pen Per
Untuk Komponen Ini sudah ada persamaannya saya pun sudah sering kali mengganti komponen ini, tapi ingat selalu bawa contoh dari pen per yang rusak untuk menjaga kesalahan pembelian. kita dapat membelinya di bengkel per terdekat karena saya yakin pasti mereka menyiapkan pen per truk mitshubisi.
Oke mari kita melakukan perbaikan untuk pengggantian Pen per tersebut,
Alat-Alat yg Mesti disiapkan:
1.Sparepart ( Pen Per )
2.Dongkrak Minimal 15 Ton
3.papan Kayu/Balok
4.Treker Bila Ada/Chain block
5.Palu
6.Grease



Langkah- Langkah Perbaikan:
1.Sparepart
Siapkan pen per, kita bisa menemukan persamaan pen per hyundai dengan pen per canter 120/125 ps, kita bisa membeli di tukang per, pasti ada. seperti gambar ini:

Gambar: Pen per submition/persamaan
2. Dongkrak Chasis
 Siapkan Dongkrak dan papan Kayu,kemudian dongkrak chasis truk,Dongkrak hingga per pada posisi bebas,

3. Berikan grease pada Lubang pen
Setelah Chasis Terdongkrak Dan Lubang Pen Per sudah diposisi sejajar dengan hanger per, maka berikan grease pada lubang pen per dan hanger per terlebih dahulu,Grease berfungsi agar pen per dapat masuk ke lubang dengan mudah.
Gambar : Grease Pada lubang pen

4. Pasang Chainblock
Setelah pen per terlumasi, maka mari kita memasang chain block, untuk menarik gardan dan mendekatkan lubang per ke hanger, chain block ini sangat membantu kita, kita tidak perlu banyak tenaga untuk menarik gardan, sehingga pekerjaan cepat selesai.




5. Masukkan Pen per
langkah terakhir adalah, kita akan memasukkan pen per baru ke lubang pen, minta tolong 2 orang, yang 1 menunggu di dongkrak dan yang satu lagi menunggu di chain block, paskan lubang pen, bila kurang kebawah atau ke atas maka dongkrak kita mainkan, bila kurang maju atau mundur lubang pen per maka kita mainkan chain block, lakukan langkah tersebut hingga pen per terpasang.

Perawatan
Karena komponen ini sebagai sendi dan juga berputar maka perawatan rutin diperlukan untuk menjada kinerja penper tetap bagus, berikan grease pada pen per berkala setiap bulan, gunakan pompa grease agar grease mampu masuk kedalam.

Keselamatan
perlu kehati hatian unutk memasang pen per, perhatikan alat alat yang digunakan, perhatikan kondisi tanah tempat untuk mendongkrak,perhatikan dudukan saat mengaitkan chain Block, bantuan dengan lebih dari 2 orang sangat dianjurkan.

nah demikian sobat cara untuk mengganti pen per truk Hyundai

Load disqus comments

0 komentar