Mengenal Jenis Truk yang ada di jalan raya

Jenis Truk - Ternyata truk yang selama ini berkeliaran dijalan raya dan tiap hari kita melihatnya memeiliki jenis-jenis tersendiri yang tidak banyak orang mengetahuinya, sebagai orang awam kita hanya cukup menyebutnya Truk saja, padahal beragam jenis hlo truk ini.

Berbagai jenis truk


Kenapa berbeda beda penyebutannya, sudah pasti beda jenis akan beda muatan,beda perijinan, beda sim nya, beda juga uang jalannya hehehehe, agar anda tidak salah saat melamar kerja atau saat anda butuh truk, baiknya mari kita simak terlebih dahulu jenis-jenis truk ini:

1. CDE (Colt Diesel Engkel)

penyebutan colt ini mengacu pada ukuran truk yang kecil, bukan pick up ya, pick up tidak akan dimasukkan ke dalam jenis truk. CDE ini mengacu pada jumlah roda belakangnya. CDE memiliki 4 roda, 2 didepan dan 2 dibelakang.

Dari segi muatan sudah pasti truk ini digunakan untuk muatan enteng dibawah 5 ton, digunakan untuk bisa masuk di gang gang kecil, dan truk ini masih diijinkan untuk melintas di tol dalam kota.

Baca juga : Menelusuri truk FAW di indonesia

2. CDD (Colt Diesel Double)

Berlanjut ke CCD, nama itu umum digunakan di dunia expedisi guna menyebut truk dengan ban double di bagian belakang, truk ini memiliki 6 ban, 2 didepan dan 4 di belakang.

Dari segi muatan pasti lebih besar dari CDE, pada umumnya yang saya tahu bahwa load dari CCD ini adalah 8 ton. Untuk bisa mengemudikan truk jenis ini anda perlu untuk memiliki SIM B polos jika plat truk yang anda bawa adalah Hitam dan SIM B Umum jika plat truk yang anda bawa berwarna Kuning.

Baca juga : Mengenal Truk DAF

3. Fuso

Fuso dillihat dari jumlah roda adalah sama dengan jumlah roda CCD, yang membuatnya beda adalah, ukuran yang jauh lebih besar dan ukiuran ban yang besar pula.

Dari segi muatan,load yang diijinkan adalah 12 ton , untuk mengemudikan truk ini anda perlu memiliki SIM B1 baik umum atau polos.

4. Tronton

tronton memiliki total roda 10 buah 2 didepan dan 8 dibelakang dengan 2 sumbu axel, masing -masing sumbu memikul 4 roda, jenis tronton ini masih dibagi menjadi beberapa jenis berdasar pada model penempatan roda nya.

unutk lebih mudahnya jenis tronton ini sering anda lihat dalam bentuk Dump truk yang biasa melintas di jalan jalan untuk melakukan pengurukan, daya angkutnya bisa mencapai 20-30 ton.

Baca juga ; Mengenal sejarah Truk Foton

5. trintin

berbeda dengan penempatan roda pada tronton, susunan roda pada trintin adalah 4 dibelakang dan 4 didepan dengan total 3 sumbu termasuk depan, yang lucu adalah ada 1 poros tambahan di belakang roda depan yang mana roda pada poros tambahan ini akan ikut berputar jika kemudi di putar.

6. Trinton

susunan roda pada trinton adalah 2 sumbu dibelakang dengan masing-masing membawa 4 roda di setiap sumbu, 2 sumbu didepan dan masing-masing sumbu memikul 2 roda, jadi ada total 12 roda, apa tidak mumet itu maintenan rodanya ya.

sama halnya dengan trintin , kedua poros depan juga ikut berbelok ketika kemudi di putar.

7. Trailer/ Haevy-duty Truck

jenis truk yang paling besar dan paling lamban jalannya, muatannya pun tak kira kira beratnya, biasa kita lihat dijalanan truk ini mengangkut peti kemas, beton-beton jembatan,tiang pancang dll. jumlah rodanya mungkin antara 16 sampai 24 buah.

untuk mengemudikan truk ini anda harus memiliki SIM B2 sim dengan tingkatan paling tinggi, sopir yang mengemudikan kendaraan ini pastinya mereka yang sudah sangat berpengalaman dijalan, karena tidak mudah untuk mengemudikan truk yang begitu panjang.

Demikian sekilas info dunia truk tentang jenis jenis truk, semoga anda menjadi paham.



Load disqus comments

0 komentar