Untung Rugi menggunakan E-TOLL Card serta bagaimanakah menggunakannya.

Bayar Tol - Pada saat ini segala pembayaran bisa dilakukan dengan sebuah kartu, tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Gerbang tol khus pengguna E-Toll

Tak terkecuali guna membayar tol, tidak perlu repot lagi kita harus membayar dengan uang cash, sekarang sudah ada yang namanya e-toll card, dengan kartu ini kita bisa membayar toll di gardu yang khusus yang sudah disiapkan.

gardu tol yang melayani e-tol sudah terdapat tulisan GTO dan jalannya dicat dengan warna kuning, jika anda tidak memiliki kartu e-tol ini jangan sekali kali masuh di jalur yang berwarna kuning ya, karena ini khusu pengguna e-toll.

Beberapa keuntungan dengan mengunakan e-toll ini apa saja itu


1. Transaksi lebih cepat

dengan kartu ini transaksi bayar tol menjadi jauh lebih cepat, karena yang bekerja adalah mesin dan bukan manusia, tak perlu menunggu lama untuk pengembalian bayar tol, karena pembayaran langsung didebet dari kartu

2. Tak perlu antri panjang

gardu tol yang menyediakan pembayaran dengan e-tol ini cenderung lancar, coba anda perhatikan antrian panjang menjelang gardu pembayan, terlihat padat di gardu bayar cash, namun lancar di gardu otomatis.

3. Mengurangi kemacetan di tol

ya dikarenakan transaksi yang lebih cepat dan jalur khusus yang diberikan maka itu semua untuk tujuan akhir, yaitu guna mengurangi kemacetan di jalan tol, terkadang kemacetan di gardu hanya disebabkan karena lamanya proses pengembalian uang.

4. Mudah digunakan

kartu ini mudah untuk digunakan hanya tinggal tempel kartu pada tempat yang sudah disediakan maka mesin kan membaca kartu kermudian palang pintu akan terbuka.


Kerugian memakai E-Toll card

Sebenarnya hanya sedikit kerugian dari e-toll ini, kerugianpun menurut saya hanya dari segi human error saja, apakah kerugian dari e-toll itu

1. Susah cek saldo

dari beberapa pengalaman saya, repot bagi saya untuk melakukan cek saldo, terkadang sudah terlanjur masuk ke jalur GTO ternyata saldo tidak mencukupi, sangat kesel dan malu tentunya, kesalahan ini sebenarnya bisa dihindari jika kartu rutin digunakan karena tiap kali transaksi saldo langsung tertera, namun akan menjadi sebuah kendala bagi orang seperti saya yang jarang-jarang melakukan perjalanan di tol.

2. Harga beli pertama lumayan mahal

harga beli kartu menurut saya mahal, karena dengan harga segitu saldo yang kita dapat hanya segitu, itu mungkin yang membuat para pengendara belum mau beralih ke e-toll.

3. E-Toll hanya untuk kendaraan kecil

e-toll belum bisa melayani semua jenis kendaraan, saat ini hanya kendaraan kecil yang baru bisa menggunakan kartu ini, kapan truk bisa menggunakan kartu ini ya.

Pilihan Penulis


Manfaat GPS bagi Sopir

Mengenal warna plat kendaraan serta peruntukannya

5 Keuntungan memasang GPS pada kendaraan anda

Cara menggunkan E-Toll card


a. Menggunakan kartu di gerbang bertulis "ambil tiket"

pada gerbang bertulis ambil tiket maka anda hanya tinggal menempel kartu pada mesin, jika kartu tol keluar biarkan saja jangan diambil, jika kartu tol anda ambil maka digerbang depan anda harus membayar dengan uang cash dan tidak bisa masuk ke GTO.

ketika anda menempel kartu pada gerbang ambil tiket, kartu tol tetap akan keluar, kartu tol tersebut diperuntukkan bagi kendaraan yang tidak memiliki e-toll, jika tidak kita ambil kartu tol tersebut akan masuk kembali.

b. Menggunakan e-toll pada gerbang bertulis "bayar tol"

E-toll mudah digunakan, hanya tinggal tempel
Ketika hendak keluar tol maka anda perlu memilih gerbang yang terdapat tulisan GTO dan jalur yang dicat kuning, cukup tempel saja kartu pada mesin maka palang akan terbuka.

bagaimana jika tidak ada GTO nya, anda kasihkan saja kartu tersebut pada petugas yang ada, petugas akan mendebet kartu anda di mesin mereka.

baiklah apakah anda berpikir untuk beralih ke E-toll? silahkan dicoba tips tips dari saya tersebut, menurut saya pribadi menggunakan e-toll jauh lebih enak dari pada bayar cash. terima kasih
Load disqus comments

0 komentar