Cara menaikkan dan menurunkan bak dump truck

Dump truk- Truk dengan jenis bak seperti ini diperuntukkan untuk mengangkut muatan material, seperti kebutuhan proyek atau pengurukan, truk ini dipilih karena proses kerja cepat sangat sesuai untuk pekerjaan proyek yang dituntut cepat pula, namun tidak sembarang sopir bisa mengoperasikannya.

Cara menaikkan dan menurunkan bak dump truk
Mengoperasikan dump truk bukanlah perkara mudah, sudah banyak truk tumbang gara-gara sopir kurang pengalaman dalam menaikkan dan menurunkan bak, point utama dari dump truk adalah bagaimana bisa aman dalam menaikkan dan menurunkan bak saja, selebihnya cara mengoperasikan truk ini sama dengan truk-truk pada umumnya.

Cara menaikkan bak dump truk

Safety sangat pentig pada detik-detik ini, taruhannya adalah sopir ,armada dan daerah sekitar, salah sedikit fatal akibatnya, maka dari itu perlu kehati-hatian extra saat mengangkat bak dump ini. point-point keselamatan telah saya tulis pada artikel yang lain.
Baca juga : Tips aman saat nge dump truk
Sebelum mengemudikan dump truk apalagi menaikkan bak dalam proses dumping truck , anda perlu mengenal dan mempelajari terlebih dahulu tuas-tuas yang ada di kabin, pada truk type colt diesel terdapat minimal 3 tuas yang ada di kabin, apa saja itu;

1. Tuas persnelling

semua pasti sudah mengenal tuas ini serta fungsinya untuk apa jadi tidak perlu untuk dijabarkan lagi

2. Tuas PTO (Power Take Off)

tuas inilah yang membedakan truk dump dengan truk lainnya, tuas inilah yang nantinya akan mengangkat bak dump, melalui tuas ini gigi pto akan dapat terhubung dengan transmisi. sehingga oli dapat dipompa ke hidrolik sehingga memungkingkan mengangkat bak dump truck.

3. Tuas hidrolik

Tuas ini berfungsi untuk membuka dan menutup angin hidrolik pada proses menaikkan dan menurunkan bak dump,
Posisi tuas hidrolik dan PTO akan berbeda antara jenis truk dump berdasarkan karoseri pembuatnya, namun secara keseluruhan proses kerjanya sama, anda hanya perlu mencermati mana yang tuas PTO mana yang tuas hidrolik, serta bagaimana mengoperasikannya, kedepan atau ditarik kebelakang masing masing truk memiliki metode yang berbeda pula.
Baca juga : Manfaat GPS bagi Sopir
Saya coba untuk mengambil satu contoh yaitu truk colt diesel saja, kalo fuso dump saya belum pernah sekalipun mengoperasikannya, so anda bisa menambahkan di koment untuk dump fuso.
berikut cara mengangkat dan menurunkan bak dump truk dari pengalaman saya;

1. Posisikan gigi transmisi ke posisi netral
2. Hidupkan lampu bahaya (hazard)
3. Tarik hand rem

4. Operasikan Tuas angin Hidrolik ( kebelakang/posisi aktif)
Tuas angin hidrolik akan menutup katup angin, cara kerjanya seperti anda kan mendongkrak, dongkrak tidak akan mau naik walau anda sekuat tenaga menaikkan tuas dongkrak, itu karena angin pada dongkrak tidak ditutup, sehingga ada kebocoran, begitu juga dengan hidrolik dum truk.

5. Injak Kopling sambil anda memasukkan tuas PTO, jika kopling tidak diinjak maka gigi PTO tidak dapat masuk, karena gigi ini terhubung ke gigi transmisi

6. Lepaskan kopling secara perlahan dan tambahkan gas accelerasi,
Jika kopling anda lepas secara serentak maka bak dump akan naik dengan hentakan pula, ini sangat berbahaya.

7. Jika bak sudah sepenuhnya naik, netralkan kembali tuas PTO, tuas hidrolik biar tetap aktif

8. Jika muatan sudah dirasa turun semua, masukkan gigi transmisi dan majukkan kendaraan sambil anda turunkan tuas hidrolik, maka bak akan turun dengan perlahan.

hal-hal diatas adalah point-point penting saat menaikkan bak dump truk, bila ada kekurangan atau kesalahan posisi atau alur proses, mohon dibenarkan.
Baca juga : Fungsi filter solar pada truk serta merawatnya

Cara menurunkan bak dump truk

Bila anda sudah bisa menaikkan bak maka saatnya unutk menurunkanya, bagaimana prosesnya

1. Posisi tuas PTO harus netral
jika tuas PTO tidak dinetralkan maka bak tidak akan mau turun atau tidak akan pernah turun, karena gigi pto masih menyangkut di transmisi, ketika anda memasukkan gigi transmsi dlam posisi PTO masih nyangkut, maka poros propeler PTO akan ikut berputar untuk memompa oli ke tuas hidrolik, karena oli masih memompa maka walau tuas angin hidrolik dinetralkan tetap bak tidak akn mau turun

2. Netralkan tuas angin hidrolik
tuas ini lah yang berperan untuk menurunkan bak, cukup anda netralkan saja maka bak akan turun dengan sendirinya, tidak usah ditambah gas accel.

angin hidrolik bekerja seperti dongkrak, ketika anda ingin menurunkan dongkar tanpa membuka angin hidrolik sampai lebaran kuda juga dongkrak tidak akan turun.

Demikian kiranya rekan-rekan apa yang bisa saya bagi pada kesempatan kali ini tentang cara menaikan dan menurunkan bak dump truk, saya sadar mungkin banyak kesalahan, saya mohon dibenarkan dan ditambahkan. semoga bermanfaat dan terima kasih
Load disqus comments

0 komentar