Fungsi , spesifikasi serta harga Tromol Truk

Drum brake -  Tromol atau Drum brake merupakan bagian dari pada system pengereman, tromol umum dipasang untuk system rem pada kendaraan berat seperti truk, drum brake merupakan ujung tombak dari system pengereman, dialah komponen paling ujung yang menerima semua aliran tenaga pengereman yang kemudian akan mengurangi laju kendaraan.

Komponen rem tromol
Prinsip kerja system rem dengan tromol ini adalah mengandalakan gaya gesekan antara drum brake dengan kanvas rem, sehingga laju kendaraan dapat dikurangi.

Fungsi Tromol

Fungsi dari tromol ini antara lain
1. Untuk melindungi komponen yang ada didalamnya, agar kotoran tidak langsung masuk mengenai komponen tersebut.
2. Sebagai media gesekan dengan kanvas rem
Baca juga : Syncromesh truk Hyundai

keuntungan dan kelemahan rem sistem tromol

ada 2 jenis system pengereman yang ada saat ini banyak digunkan yaitu rem cakram dan rem tromol, bila anda perhatikan lebih cermat kenapa kendaraan dengan beban lebih berat menggunakan sistem rem tromol dan bukan cakram? mari kita bedah apa sebenarnya keuntungan dengan menggunakan rem tromol ini.

1. Kanvas rem lebih lebar

kanvas rem yang dimiliki oleh rem tromol jauh lebih lebar dan panjang bila dibandingkan dengan rem cakram, dengan kanvas rem yang lebih lebar maka daya pengereman maksimal dapat dicapai,

2. Perawatan lebh mudah

dengan rem cakram akan memudahkan bagi kita dalam hal perawatan, tidak sesulit dengan menggunakan rem cakram, cara membongkar dan memasang kembali lebih mudah, penyetelan pun tidak begitu rumit sangat mudah di aplikasikan bagi setiap sopir tanpa harus ke bengkel.
Baca juga : Sparepart gigi gardan truk hyundai

3. Tidak mudah kotor

Komponen-komponen rem tromol tertutup rapat oleh drum brake membuat komponen yang ada didalamnya paling tidak, tidak akan terkena kotoran secara langsung.

4. Rem angin/exhoust brake

selain dilengkapi dengan rem tromol kendaraan berat juga dilengkapi dengan rem angin yang tidak dimilki oleh kendaraan sedan. rem angin juga bisa membantu daya pengereman.

5. Pengereman lebih halus

Pengereman yang dihasilkan dari gesekan kanvas dan tromol tidak menghentak atau lebih halus jika dibanding dengan rem cakram, daya yang tidak menghentak ini berguna unutk mengatasi truk bermuatan berat tidak akan mudak selip saat mengereman atau barang bawaan bisa kabur kemana mana jika pengereman terlalu menghentak, oleh sebab itu kendaraan berat membutuhkan jarak yang lebih jauh guna mendapatkan area berhenti yang diinginkan.

Dengan memperhatikan keunggulan tromol dibanding cakram bagi kendaraan berat maka saya jadi paham kenapa kendaraan heavy duty lebih memilih menginplementasikan rem tromol dibanding rem cakram, walau pada saat ini sudah ada truk yang menerapkan jenis rem cakram dalam system pengeremannya.

Tromol Truk Hyundai

Sama dengan system pengereman yang ada di truk hyundai, truk ini juga menganut prinsip pengereman dengan tromol, karena adanya gesekan yang terus menerus maka lapisan tromol lambat laun menjadi terkikis, terlihat cekungan bekas kanvas rem. bila sudah begini maka perlu untuk mengganti tromol tersebut. guna menghindari kesalahan dalam pembelian sparepart berikut akan saya bagikan tips dalam memesan atau membeli tromol .

1. Catat nomor rangka kendaraan

Nomor rangka digunakan unutk melihat sparepart jenis harbin atau dymos yang digunakan pada kendaraan tersebut

2. Jenis kendaraan Bis atau Truk

Spesifikasi jenis kendaraan diperlukan karena untuk bis biasanya ada perbedaan antara tromol depan dengan tromol belakang.

3. Hitung lubang paku sepatu rem.

ada dua jenis perbedaan jumlah lubang paku yaitu lubang 14 dan lubang 10. luang in perlu kita hitung karena ada kekawatiran komponen pernah diganti dengan oplosan, umumny alubang paku jumlah 10 dipakai pada truk hyundai dengan kapasitas 125 PS.
Baca Juga : Sparepart Kingpin truk hyundai
dari ke tiga tips diatas mungkin saya rasa cukup gun amenghindari kesalahan saat pembelian terutama jika membeli part ini secara online.

masuk kewilayah harga dari tromol truk hyundai ini dibanderol pada harga 1.000.000 jutaan tidak kurang tapi lebih malah bisa mungkin.

Mungkin sampai disini saja yang bisa saya bagikan mengenai tromol truk tentang fungsi dan harganya, semoga bermanfaat dan mmebantu anda semua.


Load disqus comments

0 komentar