5 Perbedaan spare part truk hyundai 125 PS vs 136 PS

Perbedaan hyundari 125 vs 136- seperti yang telah kita ketahui bahwa perusahaan truk hyundai mengeluarkan dua type untuk kendaraan truk yaitu 125 PS dan 136 PS, namun jangan salah kira kalau sparepart kedua type ini bisa di barter satu sama lain, ada beberapa yang bisa di barter namun ada juga yang tidak bisa di barter, apa sajakah itu.

Pada artikel ini saya mencoba untuk merangkum 5 sparepart dari kedua jenis truk ini yang tidak bisa ditukar, agar anda tidak salah dalam membeli sparepart.

5 Perbedaan sparepart truk hyundai 125 PS vs 136 PS

1. Master Kopling Bawah

Sparepart yang menempel di dekat transmisi ini berguna untuk meneruskan tenaga dorong dari master kopling atas ke garpu penekan, master kopling ini di maksudkan agar tenaga yang dikeluarkan saat menekan pedal kopling tidak terlalu banyak.
Namun tahukan anda kalau ada perbedaan antara truk 125 dengan 136, dimanakah itu? yaitu ada di tuas menonjok garpu penekan, jika pada truk 125 memiliki tuas penonjok lebih pendek dibandingkan dengan milik truk 136, tapi bagaimana jika sudah terlanjur membelinya, diakali saja dengan menyambung tuasnya dengan besi apapun yang penting diameter sama, ukur panjangnya dengan bekas tuas yang rusak, sparepart anda bisa digunakan kembali.

2. Kampas rem

kita lanjutkan ke sparepart berikutnya yaitu kampas rem, ternyata ada perbedaan yang menonjol antara kedua type ini, dimanakah, yaitu ada pada lebar kampas rem, tentu saja 136 PS yang memilki kapasitas lebih besar memiliki tapak kampas rem yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan 125 PS tentu saja gunanya untuk mengimbangi tenaga yang besar, pasti dibutuhkan kampas rem yang lebar pula.
jadi ketika anda hendak membelinya lihat terlebih dahulu lebar tapak kampas rem anda, kalau salah membeli saya yakin anda akan repot untuk memotong lebarnya, untuk kampas rem 125 PS sudah sesuai dengan milik Toyota dyna, hanya pada lubang paku saja yang berbeda, itu mudah bagi tukang pantek untuk mengakalinya.

3. Kampas Kopling

part ini berada diantara fly wheel dan cover kopling, berfungsi sebagai pemutus dan penyambung tenaga putar dari mesin menuju transmisi. karena kinerjanya berhubungan dengan daya putar yang amat tinggi maka tak heran, jika tidak pandai dalam memainkan kopling, part ini akan segera habis.

ada perbedaan antara kopling 125 PS dengan 136 PS, berbedaannya terletak pada diameter, sehingga komponen ini tidak bisa saling ditukar, komponen ini sudah banyak persamaannya jadi jangan takut habis dan susah mencari sparepartnya.

4. Cover Kopling/Dekrup

dekrup,kampas kopling dan release bearing truk hyundai

komponen yang menutup kampas kopling serta memiliki jari-jari kadang juga disebut sebagai matahari kopling. komponen ini memiliki bulatan besi halus seukuran dengan diameter Kampas kopling karena ia yang langsung bersinggungan dengan kampas kopling.

kerusakan komponen ini terjadi karena adanya gaya gesek dengan kampas kopling yang terkadang mengikis lapisan besinya, serta kerusakan pada cincin/jari-jari penekannya, kerusakan pada jari-jari penekan biasanya adalah tidak lagi rata dengan jari-jari lainnya ada perbedaan tinggi antara satu dan lainnya.

perbedaan antara kedua truk 125 dan 136 adalah pada diameter besi mataharinya, kalau kampas koplingnya berbeda pasti dekrup juga berbeda, karena dekrup harus menutup rapat kampas kopling seukuran diameternya.

5. Bearing release

bearing ini ada di poros utama transmisi, dialah yang bertugas untuk menonjok jari-jari penekan pada dekrup, melalui gerakan garpu penekan sehingga kopling dapat terbebas dari putaran mesin.

kerusakan pada komponen ini lebih sering karena bearingnya yang sudah aus atau kering, sama seperti kerusakan-kerusakan pada bearing umumnya, karena letaknya yang susah dijangkau tangan maka bearing ini jarang mendapat grease guna membatasi kerusakannya.
perbedaan sparepart ini adalah diameter tengahnya, jadi release bearing ini juga tidak bisa ditukar dan belum ketemu persamaannya serta agak susah mendapatkannya, jadi rawatlah baik-baik bearing ini.

Dengan demikian saya cukupkan terlebih dahulu artikel kali ini tentang Perbedaan sparepart 125 vs 136 agar anda cermat saat membeli sparepart untuk truk hyundai ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, terima kasih
Load disqus comments

0 komentar