Sparepart Mesin Truk Hyundai


Turun mesin ialah pekerjaan yang dikaitkan dengan perbaikan komponen komponen dalam unit mesin. mesin yang harus turun biasanya sudah mengalami kerusakan yang amat serius hingga mesin tidak dapat digunakan kembali.

lantas bagaimana jika truk hyundai mengharuskan untuk turun mesin, bagaimana dengan sparepart dalam mesin tersebut, saya akan memberikan pengalaman saya sewaktu harus berjibaku mencari sparepart saat menurunkan mesin truk hyundai. dan semua itu berhasil,

Saat awal awal memakai truk hyundai, memang bayang-bayang turun mesin selalu menghantui, bagaimana tidak, disamping truk hyundai di indonesia sangat langka,ditambah lagi sparepart yang begitu mahal,sudah mahal trus kemana harus membelinya, sedang pasokan spartpart dari korea sudah diputus kontrak.

Namun setelah menjalani semuanya, setelah beberapa kali turun mesin disamping itu saya juga ditunjang oleh tenaga mekanik yang mau belajar tak pernah takut membongkar mesin yang speknya sangat beda dengan mesin pada umumnya.

sebelum anda merasa bahwa truk perlu di over hole anda baiknya perhatikan dahulu ciri-cirinya:

Ciri-ciri mesin yang perlu over hole


1. Truck Terdengar bunyi yang abnormal, Biasanya metal telah kena

2. Asap knalpot putih saat stasioner dan asapnya banyak. biasanya ring seker telah kena sehingga oli ikut terbakar

3. Tenaga mobil berkurang drastis

Baca juga : Kingpin Truk Hyundai

dari ke tiga contoh diatas point 2 saat ini sedang saya alami, truk mengeluarkan asap putih begitu banyak, dan tettotttt.... ternyata mesin harus turun. penyakit akut yang paling ditakuti oleh truck hyundai, berbagai pertanyaan muncul

1. Bagaimana dengan montirnya
karena di bengkel truk biasanya mekanik belum pernah sekalipun menurunkan mesin hyundai, ada ketakutan kalau dibongkar orang yang belum paham apa benar ini mesin kaan bagus kembali.

2. Bagaimana mencari sparepartnya
Turun mesin ini adalah yang pertama kali, sudah pasti saya belum pernah sekalipun membeli sparepart yang ada didalam mesin, kalau ke korindo sudah pasti lama. lama seklai kadang nunggu part nya.

3. Pasti mahal cost nya,,
bagian yang paling mahal dari sebuah kendaraan pastilah mesinnya, komponen-komponen yang didalam nya juga pasti mahal.itu hal pertama yang saya kawatirkan

Baca juga : Transmisi loncat, kenali penyebabnya
Akhirnya kami beranikan untuk membongkar mesin, dengan modal kenekatan saya berupaya untuk mencari sprepart-sparepart yang mungkin saja sama dengan model truk lain. ini perlu dilakukan karena jumlah truk yang saya miliki banyak, tidak mungkin jika harus mengandalkan sparepart dari pusat yang lama serta jauh tempatnya. tanpa disangka di tengah perjalanan mencari sparepart ternyata mesin hyundai ini banyak kemiripan dengan  sparepart truk mitshubisi, diantaranya seperti gambar berikut;

Ring Piston



1. Ring piston ganti

sudah pasti item ini akan rusak dan perlu diganti apabila turun mesin, mau tidak mau pasti harus di ganti, mengingat fungsi dari ring piston ini salah satunya ialah untuk Mencegah oli yang melumasi piston dan silinder masuk ke ruang bakar, bagaimana kalau ring ini tidak diganti? Ya pasti olinya bleberan bro,setelah ring keluar saatnya mencari persamaannya dengan ring piston truk lain, dan benar saja dari penampakannya sepertinya mirip dengan canter 110 cc, ngacir ke bengkel sparepart, dan benar saja sparepart COCOK 100 %,alkhamdulillahh, mengurangi cost.

2. Metal bulan ganti


Metal Bulan

satu lagi sparepart yang wajib diganti saat turun mesin ialah metal bulan, metal yang menempel pada blok mesin pada dudukan krek as,lebih tepatnya disamping metal jalan, fungsi dari sparepart ini ialah menjaga kerapatan batang piston agar tidak bergerak kesamping, metal ini juga cocok dengan truk mitshubisi.

3. Metal jalan Ganti

Metal jalan

Metal yang berfungsi Sebagai bantalan batang piston saat bergerak keatas dan kebawah,sparepart ini juga cocok dengan truk mitsubisi. harganya kalau tidak berubah ada di kisaran 750 keatas, saprepart ini banyak dan hampir semua toko truk memilikinya

4. Metal duduk ganti


Metal Duduk

Fungsi dari part ini Sebagai bantalan atau dudukan saat krek as berputar,jadi bila part ini rusak kebayang donk bagaimana jalannya piston, akan oling seperti orang mabok, dia kan menghajar silinder blok,dan akan hancurlah semua kalau tidak segera diganti, part ini juga cocok dengan mitshubisi.

Secara keseluruhan hampir bagian mesin hyundai ini ada kemiripan dengan truk mitshubisi, walaupun ada beberapa item yang harus original dari hyundai,namun kesamaan ini merupakan kabar gembira bagi pemilik truk hyundai yang selalu dibayangi harga sparepart dan kelangkaan sparepart truk hyundai sedikit terobati,


Baca Juga : Fungsi Filter oli

sekian info dari saya, semoga bermanfaat, dan setiap item yang saya tulis adalah murni dari pengalaman saya dan mekanik saya yang tidak lelah berusaha mencari sparepart kanibal.

salam 1 aspal
Load disqus comments

2 komentar