Rangkaian aki truk hyundai



Rangkain listrik terdiri dari seri,paralel dan gabungan seri dan parallel,Namun yang sering digunakan adalah rangkaian seri dan paralel.Pada dasarnya, Baterai dapat dirangkai secara Seri maupun Paralel. Tetapi hasil Output dari kedua Rangkaian tersebut akan berbeda. Rangkaian Seri Baterai akan meningkatkan Tegangan (Voltage) Output Baterai sedangkan Current/Arus Listriknya (Ampere) akan tetap sama. Hal ini Berbeda dengan Rangkaian Paralel Baterai yang akan meningkatkan Current/Arus Listrik (Ampere) tetapi Tegangan (Voltage) Outputnya akan tetap sama. Untuk lebih jelas, mari kita melihat Rangkaian Seri dan Paralel Baterai di bawah ini :

1. Rangkaian aki paralel
Gambar : rangkaian paralel

Jika ada 2 aki dihubungkan secara paralel, maka tegangan yang dikeluarkan adalah sama dengan tegangan satu aki, tetapi arus listriknya menjadi berlipat ganda atau jumlah arus listrik dari kedua bateri tersebut.
Jadi kelebihan rangkaian paralel ini adalah arus listrik yang tersedia lebih banyak, sebagai contoh, jika kita ada tv dirumah yang memakai1 aki, biasanya aki tersebut akan habis dalam 1 jam, namun bila kita menambahkan 1 buah aki lagi dan di pasanga secara paralel maka tv ini akan mampu bertahan selama 2 jam.
Baca Juga : lampu belakang sering mati, kenali penyebabnya

Cara menggabungkan aki secara paralle adala sebagai berikut:
Kutub negatif aki A  dihubungkan ke kutub negatif aki B .

2. Rangkaian aki Seri
Gambar:Rangkaian Seri 

Jika ada 2 aki dihunbungkan secara seri maka tegangan (volt) yang keluar adalah jumlah dari voltase kedua bateri dan arus yang keluar adalah sama dengan 1 bateri.
Sebagai contoh ada 2 buah aki A dan B , aki A memiliki voltase 12 volt dan Aki B memiliki Voltase 12 Volt jika dihubungkan dengan cara seri maka tegangan yang keluar adalah berjumlah 24 volt. Cara untuk menghubungkan aki secra seri ialah dengan hubungkan Kutub negatif aki A  dihubungkan ke kutub positif aki B .


Ditruk hyundai menganut idialisme aki Seri, karena lampu lampu yang ada di truk hyundai memiliki tegangan 24 volt. Bagaimana cara untuk merangkai aki secara seri di truk hyundai. Pernah suatu hari saya membeli lampu 12 volt, karena saya belum paham tentang rangkaian batery yang ada di truk hyundai dan memang tidak tau sama sekali, setelah lampu saya pasang, trus pecah lampu,diganti lagi pecah lagi, ternyata lampu hyundai memakai tegangan 24 volt jadi lampu 12 volt takkan mampu bertahan alias kelebihan tegangan.
mari kita tengok bagaimana cara merangkai batery di truk hyundai:

1. 2 buah accu 12v 70/60A
2. kabel paralel 30 cm
langkah:
1.pasangkan kabel paralel ke kutub Positif(+)  aki A
2.Pasangkan ujung kabel paralel yg satu lagi ke kutub negatif(-)  pada aki B
3.pasangkan kabel dari motor stater ke kutub positi(+)
4.Pasangkan Kabel massa body ke kutub Negatif (-)
Jangan takut pada percikan arusnya,aman agan tidak akan tersetrum, ingattt accu adalah arus DC .
Baca Juga :Tips merawat aki agar awet dan tahan lama

demikian share dari saya, semoga sobat semua tidak mengalami hal memalukan seperti saya yang salah mengenali rangkaian batery sehingga salah membeli lampu, heheehee



Load disqus comments

0 komentar