cara mengatasi Master rem atas Hyundai Bocor

Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan dengan pemindah daya. Kendaraan cenderung tetap bergerak. Kelemahan ini harus dikurangi dengan maksud untuk menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Mesin mengubah energi panas menjadi energi kinetik (eneri gerak) untuk menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi kinetik kembali menjadi energi panas untuk menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek.

Truk hyundai menganut system brake Tipe hidraulis. System ini lebih respon dan lebih cepat dibanding dengan tipe lainnya, dan juga konstruksinya lebih sederhana. Tipe hidraulis juga mempunyai konstruksi yang khusus dan handal (superior design flexibility). Dengan adanya keuntungan tersebut, rem hidraulis banyak digunakan pada kendaraan penumpang dan truk ringan.

Komponen – komponen utama pada rem hidraulis adalah sebagai berikut.
1.      Booster rem
Tenaga penekanan pada pedal rem dari seorang pengemudi tidak cukup kuat untuk segera dapat menghentikan kendaraan. Booster rem melipat gandakan daya penekanan pedal, sehingga daya pengereman yang lebih besar dapat diperoleh.
2. silinder rem bawah
Berfungsi untuk memberikan tekanan terhadap pad brake mampu menempel pada tromol sesaui tenaga pengereman

3. Master silinder rem
Berfungsi untuk mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidraulis. Master silinder terdiri dari reservoir tank, yang berisi minyak rem, demikian juga piston dan silinder, yang membangkitkan tekanan hidraulis.

Kasus yang saya alami komponen yang satu ini begitu sering rusak, rem dalam, oli rem bocor, kerusakan biasanya mudah terdeteksi bilamana master cylinder ini rusak, coba lihat dibawah kemudi, sambil peda rem diinjak, bila mana ada tetesan minyak berarti seal master cylender telah aus/sobek. 


Sparepart

Gambar 1 :master cylinder canter 12 PS
nah untuk masalah Master Rem/master Cylinder sekarang tidak perlu susah dan pusing karena saya telah menemukan persamaan untuk komponen ini, ya pastinya orisinil lebil bagus dari pada kanibalan kan. Namun apabila anda tidak menemukan sparepart sentral rem yang orisinil anda bisa memakai sentral rem canter.


Gambar : Lubang untuk baut master cylinder
untuk ukuran nya sama mungkin masalahnya hanya di lubang baut nya. anda tinggal membuat lubang tambahan supaya sentral rem bisa masuk dan pas. seperti gambar sebelah






Gambar : reparkit Master Cylinder Colt Diesel 120 PS

Nah gampang kan agan tinggal memasang dan truk siap jalan,

apabila dikemudian hari master rem ini rusak dikarenakan sealnya yang bocor,sobat tinggal beli reparkitnya saja,sudah tersedia banyak hampir di semua toko onderdil. nah ini gambar reparkitnya




 Kesimpulan.

Menurut saya untuk kasus master cylinder bocor, saya pribadi lebih prefer pada penggunaan master cylinder punya truk canter karean sparepart mudah didapat,dan bilamana hanya seal yang bocor kita tinggal ganti sealnya saja tanpa harus membeli satu set master cylinder.

Load disqus comments

0 komentar