Tips Central Bearing truk Hyundai rusak


Propeller shaft merupakan komponen berupa poros maupun berbentuk tabung yang berfungsi sebagai media penerus daya dari taransmisi menuju ke gardan atau defferential, poros ini biasanya berbentuk tabung yang terbuat dari alumunium agar tidak terlalu berat, kalau poros ini memiliki berat yang berlebih maka perpindahan putaran dari transmisi ke gardan menjadi tidak maximal. Biasanya sebuah truk memiliki dua poros propeller dan tiga universal joint serta dilengkapi dengan satu buah central support bearing/central bearing/gantungan kopel yang berfungsi sebagai penghunbung antara kedua bagian kendaraan.

Gambar 1:Posisi Central Bearing Hyundai
Pada saat truk berjalan roda belakang mengalami dinamika jalan, jalan yang naik turun,jalan bagus dan jalan jelek serta jalan lurus dan berkelok, perubahan kondisi jalan ini juga mempengaruhi jarak antara transmisi dan gardan sehingga disinilah slipe yoke berfungsi menjaga agar drive shaft tetap terhubung dengan gardan dan juga transmisi. Tidak hanya berpengaruh pada slipe yoke perubahan kecepatan ini juga mempengaruhi perubahan putaran pada drive shaft/propeller sahft,putaran cepat ke lambat serta gerakan propeller kekanan dan kekiri disinilah peran dari central bearing diperlukan sebagai media untuk meredam getaran serta bunyi  karena perubahan putaran propeller shaft.


 Central bearing ini terpasang di rangka body kendaraan menggantung ditengah-tengah antara dua poros propeller. Komponen ini memiliki tiga bagian utama:
a. Rubber
Rubber/karet bantalan yang berfungsi sebagai peredam getaran dan noise yang timbul akibat perputaran drive shaft
b.Bearing
Tempat dudukan poros propeller supaya propeller dapat berputar dengan sempurn
3. Rumah central bearing
Sebagai tempat bearing dan rubber supaya bisa dipasangkan di rangka kendaraan, dikencangkan dengan dua buah baut
  
Deteksi kerusakan
Semua sparepart pasti akan mengalami kerusakan, begitu juga dengan central bearing, bilamana central bearing ini mengalami kerusakan biasanya getaran yang ditimbulkan propeller shaft sangat terasa sampai ke kabin serta terjadi hentakan saat menambah kecepatan.

Sparepart
Kerusakan yang terjadi pada central bearing biasanya dikarenakan

 1. karena faktor usia
Gambar 2 : karet getas
setiap sparepart pasti memiliki masa pemakaian, karet perdam getaran biasanya sering rusak duluan karena karet menjadi getas dan lama lama hancur






2. Bearing pecah
Gambar 3 ; Bearing Pecah
bearing pecah bisa dikarenakan pelumasan sudah habis, maka sangat dianjurkan bila memasang central bearing ini sebelum memasangnya berikan grease pada bearingnya.

Pernah beberapa kali saya mengalami hal semacam ini, untuk mengganti komponen ini dahulu kala saya membeli sparepart asli ke hyundai, lambat laun part ini bisa juga saya temukan persamaanya. Awalnya karena supir saya minta storing ditengah malam diakrenakan central bearing jebol, karena saya tau kalau nyari sparepart hyundai ditengah malam pasti tidak akan ada, akhirnya berspekulasi memakai central bearing colt diesel, akhirnya samoai sekarang memakai  central bearing milik mitshubisi canter 125 PS, belilah satu set bearing bersama dengan karet peredamnya, kalau besi rumahnya tidak perlu beli karena bisa dipakai bekasnya dan itu amat jarang rusaknya kok.
Mungkin sampai disini dulu artikel saya tentang central bearing truk hyundai semoga bisa membantu mas mas yang mengalami kerusakan central bearing









Load disqus comments

0 komentar