Propeller shaft merupakan komponen berupa poros
maupun berbentuk tabung yang berfungsi sebagai media penerus daya dari
taransmisi menuju ke gardan atau defferential, poros ini biasanya berbentuk
tabung yang terbuat dari alumunium agar tidak terlalu berat, kalau poros ini
memiliki berat yang berlebih maka perpindahan putaran dari transmisi ke gardan
menjadi tidak maximal. Biasanya sebuah truk memiliki dua poros propeller dan
tiga universal joint serta dilengkapi dengan satu buah central support
bearing/central bearing/gantungan kopel yang berfungsi sebagai penghunbung
antara kedua bagian kendaraan.
Gambar 1:Posisi Central Bearing Hyundai |
Pada saat truk berjalan roda belakang mengalami
dinamika jalan, jalan yang naik turun,jalan bagus dan jalan jelek serta jalan
lurus dan berkelok, perubahan kondisi jalan ini juga mempengaruhi jarak antara
transmisi dan gardan sehingga disinilah slipe yoke berfungsi menjaga agar drive
shaft tetap terhubung dengan gardan dan juga transmisi. Tidak hanya berpengaruh
pada slipe yoke perubahan kecepatan ini juga mempengaruhi perubahan putaran
pada drive shaft/propeller sahft,putaran cepat ke lambat serta gerakan
propeller kekanan dan kekiri disinilah peran dari central bearing diperlukan
sebagai media untuk meredam getaran serta bunyi karena perubahan putaran propeller shaft.
Baca Juga : Pengertian Propeller shaft
Central bearing ini terpasang di rangka body
kendaraan menggantung ditengah-tengah antara dua poros propeller. Komponen ini
memiliki tiga bagian utama:
a. Rubber
Rubber/karet bantalan yang berfungsi sebagai peredam
getaran dan noise yang timbul akibat perputaran drive shaft
b.Bearing
Tempat dudukan poros propeller supaya propeller
dapat berputar dengan sempurn
3. Rumah central bearing
Sebagai tempat bearing dan rubber supaya bisa
dipasangkan di rangka kendaraan, dikencangkan dengan dua buah baut
Deteksi kerusakan
Semua sparepart pasti akan mengalami kerusakan,
begitu juga dengan central bearing, bilamana central bearing ini mengalami
kerusakan biasanya getaran yang ditimbulkan propeller shaft sangat terasa
sampai ke kabin serta terjadi hentakan saat menambah kecepatan.
Sparepart
Kerusakan yang terjadi pada central bearing biasanya
dikarenakan
1. karena faktor
usia
Gambar 2 : karet getas |
setiap sparepart pasti memiliki masa pemakaian,
karet perdam getaran biasanya sering rusak duluan karena karet menjadi getas
dan lama lama hancur
2. Bearing pecah
Gambar 3 ; Bearing Pecah |
bearing pecah bisa dikarenakan pelumasan sudah
habis, maka sangat dianjurkan bila memasang central bearing ini sebelum
memasangnya berikan grease pada bearingnya.
Pernah beberapa kali saya mengalami hal semacam ini,
untuk mengganti komponen ini dahulu kala saya membeli sparepart asli ke
hyundai, lambat laun part ini bisa juga saya temukan persamaanya. Awalnya karena
supir saya minta storing ditengah malam diakrenakan central bearing jebol,
karena saya tau kalau nyari sparepart hyundai ditengah malam pasti tidak akan
ada, akhirnya berspekulasi memakai central bearing colt diesel, akhirnya samoai
sekarang memakai central bearing milik
mitshubisi canter 125 PS, belilah satu set bearing bersama dengan karet
peredamnya, kalau besi rumahnya tidak perlu beli karena bisa dipakai bekasnya
dan itu amat jarang rusaknya kok.
Mungkin sampai disini dulu artikel saya tentang central bearing truk hyundai semoga bisa
membantu mas mas yang mengalami kerusakan central bearing
0 komentar