Gambar 1: Kampas Kopling truk Hyundai |
Hampir semua kampas kompling pasti mempunyai masa
usia pakai , usia pakai ini biasanya berdasarkan waktu atau jarak tepuh saat
kendaraan tersebut digunakan, tergantung sih sebenarnya bagaimana karakter supirnya
,kalau misal kalau supirnya makai mobilnya ugal-ugalan pasti cepat habis, tapi
kalau supir yang sudah pengalaman biasanya dia paham bagaimana menempatkan kaki
di pedal kopling yang benar. dan biasanya karakter supir yang mengemudi itu
menjadi salah satu penyebab kampas kopling cepet habis. Hal tersebut juga
sebenarnya bisa digunakan untuk mendeteksi kompas kopling habis.
Nah mungkin sobat masih bingung bukan mengenali
mengenai ciri ciri kampas kopling, sebenarnya ada banyak sekali ciri untuk
mendeteksi kampas kompling habis , sobat bisa melihat beberapa gejala dibawah
ini
1. Akselerasi mesin lemah
Jika anda mengalami kampas kompling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga yang mentrasfer ke mesin dengan begitu akselerasi menjadi lemah dan hal ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memaksimalkan kecepatan. Misalnya saja kecepatan truk kita sudah mencapai 100km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun jika kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu skitar 15 detik atau bahkan bisa lebih .
Jika anda mengalami kampas kompling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga yang mentrasfer ke mesin dengan begitu akselerasi menjadi lemah dan hal ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memaksimalkan kecepatan. Misalnya saja kecepatan truk kita sudah mencapai 100km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun jika kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu skitar 15 detik atau bahkan bisa lebih .
2.Selip Kopling
Gejala gelip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah habis,biasanya ditandai dengan suara mesin yang mendengung. akan tetapi gejala ini juga bisa disebabkan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu digunakan dan belum pernah diganti.
Gejala gelip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah habis,biasanya ditandai dengan suara mesin yang mendengung. akan tetapi gejala ini juga bisa disebabkan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu digunakan dan belum pernah diganti.
Pedal kopling keras
Bila kampas kopling mulai habis, maka pedal kopling
terasa lebih keras, sehingga butuh tenaga lebih untuk menginjak pedal kopling
dan spelling pedal juga semakin tinggi
3. Putaran mesin tinggi
Sudah tentu putaran mesin menjadi tinggi karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin sehingga menjadi mesin memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan standard. Contoh saat kampas kopling masih tebal biasanya bisa mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin sampai 5000 rpm namun jika kampas kopling aus untuk mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran hingga 8500 rpm.
Sudah tentu putaran mesin menjadi tinggi karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin sehingga menjadi mesin memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan standard. Contoh saat kampas kopling masih tebal biasanya bisa mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin sampai 5000 rpm namun jika kampas kopling aus untuk mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran hingga 8500 rpm.
4.Perpindahan gigi perseneling
Gejala berikutnya yaitu jika terjadi gejala kampas kopling habis biasanya saat mengganti persenelingnya terasa keras yang
biasanya kalau kampas kopling masih tebal pergantian gigi ini - Pencegahan
Agar kampas kopling hyundai ini awet maka lakukan
sedikit cara sederhana berikut.
Jangan sandarkan kaki kiri dipedal kopling terus,
inhat hyundai memaki booster master kopling yang membuat pedal kopling ini
sangat empuk, jadi sedikit tekanan pada pedal kopling akan membuat kampas
kopling bekerja
Jangan memainkan pedal kopling dengan sengaja,
kadang perilaku pengemudi ini sangat bermacam macam dan aneh aneh.
Baca Juga : master kopling atas hyundai
- Sparepart
Pada awal mula memegang truk hyundai saya tak pernah
menyangka kalau kampas kopling sama persis dengan miliknya truk yang ada di
luaran sparepart ini sama dengan colt diesel 120 ps untuk hyundai 125 ps, dan
untuk hyundai 136 ps cocok dengan canter 125 PS.Baik diameter ataupun
diameter AS tengahnya sangat sesuai.
Bila mana per-per yang ada di kampas kopling masih
bagus saya biasanya hanya memanteknya saja di tukang pantek, sangat gampang dan
mudah bukan, serta bila dekrup nya sudah aus, dia juga sama dengan dekrupnya
mitshubisi.
Sekian info soal kampas kopling semoga membantu
sobat sekalian
0 komentar