Mengatasi Turen Per Hyundai Patah

Turen per/baut hati merupakan komponen yang ada pada konstruksi pegas daun. Sedangkan Pegas sendiri adalah suatu komponen yang berfungsi untuk  menerima beban dinamis dan memberikan kenyamanan dalam berkendara.Fungsi menghilangkan getaran karoseri yang di akibatkan oleh permukaan jalan yang tidak rata dan menjamin roda menapak pada permukaan jalan.
Beberapa komponen yang mendukung pegas/per daun ini sendiri antara lain:
Gambar : Komponen-Kompone Pegas daun

1) pegas/per daun
Fungsi untuk mendapatkan keseimbanagan yang sempurna.bilamana pegas ini patah jangan dilas, sangat beresiko
2) Baud U
Berfungsi untuk menyatukan seluruh pegas sekaligus penghubungnya atau mengikat pada poros roda.
3) Iner clip
Berfungsi mengikat salah satu plat penyusun dengan plat lainya agar lebih menyatu.
4) Plat baud U
Berfungsi untuk tempat dudukan pegas daun pada poros roda dan rangka atau body.
5) Unit penyangga
Berfungsi untuk tempat dudukan pegas daun pada poros roda dan rangka atau body.
6) Karet pelapis
Berfungsi untuk melapisi anatara pelat baja yang satu dengan yang lainnya agar pada saat pemasangan tidak terjadi bunyi.
7) Lower dan upper arm
Berfungsi untuk dudukan suspensi pegas daun serta membebaskan roda untuk bergerak ke atas dan ke bawah.
8) tusuk per/baut hati/baut inti
 fungsinya untuk mengikat seluruh plat baja menjadi satu kesatuan agar lebih kuat.

Indikasi kerusakan
Kerusakan yang sering dialami oleh tusuk per ini sendiri adalah bautnya patah.Bilamana tusuk per ini mengalami kerusakan maka akan terlihat daun per yang acak acakan serta truk terlihat miring saat melaju dijalan yang lurus yaitu kepala dan ekor truk terlihat tidak lurus atau truk berjalan miring kesamping .ini dikarenakan daun per sudah tidak benar benar menempel pada poros roda

Penyebab
sering kali yang menjadi penyebab dari kerusakan baut hati ini adalah karena hantaman yang cukup keras pada roda belakang, kejutan yang membuat per daun bekerja seketika, juga karena tusuk per yang sudah berkarat karena usia yang sudah cukup lama.

Sparepart
untuk mengganti tusuk per ini bisa diganti menggunakan tusuk per truk milik colt diesel 120 PS,biasanya saya memakai tusuk itu dan cocok kok bro. jangan lupa bawa bekasnya supaya tidak salah diameternya, perlu diingat bilamana ingin menggati tusuk per ini adalah, biasanya saat proses membongkar per terkadang U bolt juga harus ikut diganti karena komponen ini kadang susah sekali di buka dan terkadang harus digergaji untuk mempercepat proses penggantian.jadi siapkan tambahan biaya untuk berjaga jaga. harga sparepart ini memang murah namun biaya  servicenya mahal bro karena banyak komponen yang dilepas, serta membutuhkan banyak tenaga.
demikian info dari saya semoga bermanfaat dan tetap berkarya


Load disqus comments

0 komentar