Sebelum berbicara soal baut roda marilah kita simak dulu apa yang dimaksud roda ini. Menurut saya roda itu berbeda dengan ban, roda merupakan gabungan antara pelk dan ban yang siap untuk digunakan,komponen yang berbentuk bulat dan dilapisi ban disisi luarnya ini memiliki fungsi yang sangat vital pula diantaranya :
1. Menahan seluruh berat kendaraan
Dalam hal menahan beban, yang paling berpengaruh adalah tekanan angin, karena angin dalam ban berfungsi untuk menopang berat kendaraan dan muatan.
2. Memindahkan tenaga ke permukaan jalan
3. Memindahkan gaya pengereman ke permukaan jalan
Ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengeraman ke permukaan jalan, hal ini berkaitan dengan kinerja traksi dan pengereman. Yang berpengaruh dalam hal ini adalah pattern atau kembangan dari ban.
4. Menjadikan sistem kemudi dapat bekerja
Ban sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.
5. Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata
Tekanan angin dan type ban (radial/ bias) sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe bias.
Membicarakan roda takkan lengkap bila kita juga
tidak menyinggung soal peran baut roda. Baut roda juga memiliki tanggung jawab
yag sangat besar coba bayangkan bila anda sedang asik mengendarai truk, tiba
tiba roda anda lari sendiri karena baut roda lepas semua, mengerikan bukan,
sudah terbayang bukan apa yang akan terjadi.
baut roda memiliki fungsi untuk mengikat pelek ke
tromol sehingga roda dapat berputar dengan sempurna.truk hyundai memiliki baut
roda belakang sebanyak 6 biji pada tiap rodanya.
Penyebab
Keruskan yang dialami baut roda truk hyundai ini tak
lain dan tak bukan ialah patah, lepas dan slek
1. Baut roda patah
Baut roda patah bisa dikarena karena terlalu kencang
memutar baut roda, kualitas baut roda yang jelek, dan ketidak tahuan supir soal
arah ulir baut roda, niatnya ingin membuka tetapi malah mengencangkan sehingga
semua daya gorilla dipakai pada akhirnya patah dah tu baut, manyun dah akhirnya
2. Baut roda lepas
Masalah yang seharusnya tidak mungkin terjadi,
faktor lalai menjadi peran utama baut lepas ini, kemalasan dalam mengecek
kekencangan buat roda.
3. Baut roda slek
Hayu saja main hajar main mengencangkan baut,padahal
ulir belum pas, akhirnya bubar semua ulir baut roda, masih untung kalau murnya
yang hancur, kalau bautnya yang hancur ya sudah ganti semua
Sparepart
Gambar : Baut Roda Colt diesel |
baut ini susah susah gampang,, kalo mau nyari orisinil
nya saya pastikan tidak ada ditoko toko
sekitar. baut roda ini mirip dengan truck mercy .untuk yang belakang, cuma
memakai baut tunggal tidak seperti colt diesel yang memakai double kuncian ban
dalam dan luar.
ukuran baut ini 41, sama dengan fuso namun lubang
bautnya terlalu besar,mau nyari baut colt diesel, beda jauh namun bautnya sama
ukurannya. cara mengakali ya terpaksa kita rubah semua bautnya,kita pakai baut
colt diesel 125 PS, kita buka tromol dan pasang baut didalam dulu, karna canter
itu dia pake double kuncian trus dia juga sama ukuran bautnya 41 pula,, kita
kanibal aja sob dari pada kita pusing cari orisinilnya toh kalo menurut saya
malah lebih safety pake double kuncian biar agak susah saat mau di curi orang.
Silahkan dicoba sobb
0 komentar