Fungsi Axle shaft Truck Hyundai


Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang  berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun. Lalu  gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol. Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.

Axle shaft atau poros penggerak roda pada truk adalah salah satu komponen sistem pemindah tenaga, merupakan poros penggerak roda-roda dimana roda-roda dipasang pada axle shaft sehingga beban roda ditumpu oleh axle shaft. Axle shaft berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak dari differential ke roda-roda. 
Dikarenakan beban roda bertumpu pada poros ini maka kerusakan poros axle biasanya patah atau retak, dalam hal poros axle truk hyundai saya belum pernah mengalami poros axle patah, paling yang sering rusak adalah ujung tempat baut axle retak

Sparepart

1. Baut Axle/As Roda
heem baut as roda ukuran 16, hampir tak ada truk colt diesel baut as roda ini memakai ukuran 16, jumlahnya 6 biji, bentuk ulir halus,, nah item ini pernah bikin pusing kepala broo, nyari kesana sini,nyari persamaan truk lain, eeehh mentok di ulirnya yang halus, tapi akhirnya nemu juga di toko baut, kita bawa aja sample bawa dah tu keluar masuk toko baut, klo berusaha pasti ketemu samaannya broo, pastiin bentuk ulir dan panjang dari bautnya sama, lebih pendek dikit tidak apa apa asal jangan kepanjangan,, silakan berburu baut as roda sobbb monggo

2. Poros axle
nah inilah salah satu komponen yang saya kagumi dari hyundai ,As roda/poros axle, dia memiliki as roda yang paling besar dikelasnya, tidak cocok dengan truk manapun bro, biasanya saya pesan ke korindo, tapi tenang hampir sangat jarang kasus saya temui as roda patah .perlu diingat saat mencari poros axle hyundai adalah panjang antara poros kanan dan kiri adalah berbeda jadi poros axle tidak dapat ditukar antara kanan dan kiri
 tidak seperti kasus truk yang  lainnya, untuk membawa beban 10 ton, bentar bentar as patah ,kalo hyundai sob, heeem kuat sekali ini as roda, satu keunggulan lainnya, bila truk kita mogok ni di jalan tidak terlalu kuatir as roda di copet orang heheheeehee, tapi tetep waspada bro, kejahatan bukan hanya karna niat tapi juga karena ada kesempatan, waspada dan jagalahh,,


demikian share tentang as roda hyundai semoga membantu sobat sekalian
Load disqus comments

0 komentar