Differential atau sering dikenal dengan nama
gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga
mesin ke poros roda. Putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang
terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan
menggerakkan piston untuk bergerak naik turun. Lalu gerak naik turun
piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol. Gerak putar poros engkol
ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel. Putaran roda gila akan
diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as
kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda
akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi urutan perpindahan
tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil
dapat berjalan.
Axle shaft atau poros penggerak roda pada truk
adalah salah satu komponen sistem pemindah tenaga, merupakan
poros penggerak roda-roda dimana roda-roda dipasang pada axle shaft
sehingga beban roda ditumpu oleh axle shaft. Axle shaft berfungsi
untuk meneruskan tenaga gerak dari differential ke roda-roda.
Dikarenakan beban roda bertumpu pada poros ini maka
kerusakan poros axle biasanya patah atau retak, dalam hal poros axle truk
hyundai saya belum pernah mengalami poros axle patah, paling yang sering rusak
adalah ujung tempat baut axle retak
Sparepart
1. Baut Axle/As Roda
heem baut as roda ukuran 16, hampir tak ada truk
colt diesel baut as roda ini memakai ukuran 16, jumlahnya 6 biji, bentuk ulir
halus,, nah item ini pernah bikin pusing kepala broo, nyari kesana sini,nyari
persamaan truk lain, eeehh mentok di ulirnya yang halus, tapi akhirnya nemu
juga di toko baut, kita bawa aja sample bawa dah tu keluar masuk toko baut, klo
berusaha pasti ketemu samaannya broo, pastiin bentuk ulir dan panjang dari
bautnya sama, lebih pendek dikit tidak apa apa asal jangan kepanjangan,,
silakan berburu baut as roda sobbb monggo
2. Poros axle
nah inilah salah satu komponen yang saya kagumi dari
hyundai ,As roda/poros axle, dia memiliki as roda yang paling besar dikelasnya,
tidak cocok dengan truk manapun bro, biasanya saya pesan ke korindo, tapi
tenang hampir sangat jarang kasus saya temui as roda patah .perlu diingat
saat mencari poros axle hyundai adalah panjang antara poros kanan dan kiri
adalah berbeda jadi poros axle tidak dapat ditukar antara kanan dan kiri
tidak seperti
kasus truk yang lainnya, untuk membawa
beban 10 ton, bentar bentar as patah ,kalo hyundai sob, heeem kuat sekali ini as
roda, satu keunggulan lainnya, bila truk kita mogok ni di jalan tidak terlalu
kuatir as roda di copet orang heheheeehee, tapi tetep waspada bro, kejahatan
bukan hanya karna niat tapi juga karena ada kesempatan, waspada dan jagalahh,,
demikian share tentang as roda hyundai semoga membantu sobat sekalian
0 komentar