Keuntungan dan kerugian memiliki Dump truk

Pilih truk Dump atau Bak Pilih truk Dump atau Bak - memilih sebuah truk yang akan digunakan sebagai usaha adalah sebuah kemutlakan, dengan memahami kekurangan dan kelebihan kita bisa menentukan strategi untuk memilih model truk apa yang cocok dengan usaha kita.

dump truk hyundai

dari berbagai pengalaman yang pernah saya alami selama menggunakan dump truk, saya mencoba untuk membagi baik kekurangan maupun kelebihan dari  model truk ini.
Baca juga : Tips aman Ngedump Truk

Kelebihan truk dump

1. mudah dalam loading dan unloading

Truk model ini cocok untuk membawa matreal jalan, seperti batu,pasir,split karena mudah dalam loadingnya serta unloadingnya, loding truk dump biasanya di bantu oleh beco sedang saat unloadingnya hanya cukup menekan tuas dump dan muatan dalam sekejap akan turun. jadi tidak akan memakan biaya yang banyak pada saat proses muat dan bongkarnya.

2. Cepat dapat uang

karena kemudahan dalam loading dan unloding maka sudah tentu cepat mendapat uang, karena truk akan cepat kembali dan muat kembali, semakin banyak muat maka semakin banyak uang. serta truk dump biaya sewa lebih mahal.

3. Trayek pendek

penggunaan truk dump biasanya hanya berjarak beberapa kilo saja, untuk pekerjaan proyek biasanya bahan baku akan diambil dari tempat yang tidak begitu jauh, dengan trayek yang pendek maka banyak keuntungan yang diambil dan juga masa guna sparepart menjadi lebih panjang. dan tak kalah seriusnya adlah truk selalu dalam pantauan.

4. Tidak banyak biaya dijalan

karena trayek dump yang rata-rata pendek dan tidak teralalu sering keluar jalan raya sehingga resiko dijalanpun semakin sedikit, resiko terkena razia, reziko pungli dapat ditekan, karena itu tadi biasanya masih dalam satu wilayah, biasanya kita cukup membayar beberapa biaya koordinasi jalan dan lain-lainnya.

Baca Juga : Asal usul truk Foton

dibalik beberapa keuntungan tadi, memiliki truk dump juga mempunyai tidak sedikit kekurangan, apa saja itu

1. Faktor cuaca

jalan yang dilalui truk dump biasanya amat jelek, karena mengambil bahan matreal mungkin pasir di sungai, atau tanah, dan semua itu amat jarang melalui jalan yang beraspal, bila hujan tiba maka jalan yang dilalui truk menjadi amat licin dan becek, sehingga operasional truk ini dipengarui oleh cuaca, bila hujan berarti harus libur.

2. Trayek berpindah pindah

karena umumnya untuk pekerjaan proyek, maka trayek truk ini akan selalu berpindah pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dari satu daerah ke daerah yang lain, dan ini menuntut keuletan dari si pemilik untuk terus mencari muatan, jika satu proyek selesai maka harus segera mencari proyek yang lain. untuk ,melakukan perpindahan proyek juga dibutuhkan biaya untuk memindahkan truk.

3. Muatan berat

Untuk mendapat hasil yang lebih, terkadang truk ini dibebani muatan yang melebihi kapasitas, karena itu pemakain sparepart terkadang membengkak, terutama ban yang terkadang sering meledak,

4. Dimusuhi warga

kendala lingkungan yang acap kali harus dihadapi adalah masyarakat sekitar yang protes akibat truk dump yang melintas di daerah mereka, mereka mengeluh dengan jalan yang rusak akibat muatan truk yang banyak, serta puing-puing yang acap kali jatuh dari bak membuat jalanan penuh dengan bongkahan bongkahan material.

5. Jam operasinal dibatasi

Guna menghindari dampak lingkungan diatas, terkadang beberpa jalan tidak mengijinkan adanya truk bermuatan berat melintas di jalan tersebut, dan juga truk dump sering pula tidak boleh melintas di siang hari karena jalannya yang lambat acapkali membuat lalu lintas macet, mau tidak mau jam operasional terkadang hanya bisa dilakukan dimalam hari.

6. Biaya perawatan bertambah

tidak bisa dipungkiri bahwa truk dump memiliki beberpa komponen tambahan yang tidak murah biaya perawatannya, antara lain oli hidrolik yang mesti kita ganti berkala, oli ini yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan bak, dengan menggunakan tenga hidrolis.
Baca juga : Keuntungan adanya pungli bagi sopir truk

Demikian keuntungan dan kekurangan dari dump truk yang bisa saya infokan, bila ada kesalahan mohon dibenarkan dan ditambahkan, bila anda dirasa cocok dengan pilihan dump truk silahkan dicoba
Load disqus comments

0 komentar