5 Keuntungan memasang GPS pada armada anda

GPS - dalam bahasa inggris adalah Global Positioning System sacara mudah saya artikan sebagai peragkaat yang akan mendeteksi posisi kita/kendaraan saat itu juga.

Pada era saat ini bukan hanya mobil-mobil mewah yang dilengkapi dengan perangkat GPS, truk kita pun perlu untuk dipasangi GPS, sebagai pengusaha trucking yang memiliki trayek tetap amat disarankan untuk memasang GPS guna mendongkrak kinerja, apalagi truk yang memiliki wilayah jangkauan yang luas, sangat perlu sekali guna mengetahui lokasi truk.

GPS

Memang ada biaya-biaya yang mesti kita tanggung tiap bulannya agar GPS tetap bekerja, diantara biaya-biaya tersebut adalah;

1. Biaya Pulsa
Perangkat GPS yang terpasang memerlukan kartu SIM untuk dapat mengirim dan menerima sinyal ke server, tanpa pulsa pada kartu SIM maka GPS tidak akan bekerja serta pulsa ini harus selalu ada tidak boleh sampai habis, makanya jenis kartu yang digunakan adalah kartu Pasca Bayar, sehingga tidak ada istilah pulsa habis, maka pulsa akan anda bayar ditiap bulannya.

2. Biaya Sewa Server
untuk dapat masuk ke website akun kita dan melihat lokasi truk, diperlukan space server yang khusus untuk menyimpan akun kita, biasanya penjual GPS telah satu paket dengan server, sehingga setiap tahun kita akan dibebankan biaya server, jumlahnya tergantung seberapa banyak anda memasang GPS pada kendaraan anda, Biaya server ini tida terlalu mahal

Dibalik biaya yang mesti kita tanggung tersimpan banyak keuntungan yang akan kita dapatkan bila memasang GPS pada truk kita, apa sajakah keuntungan itu, saya coba merangkum pengalaman memasang GPS pada kendaraan saya;

1. Mencegah tindak kejahatan

Siapapun pasti tidak mau jika truknya dicuri atau dibawa kabur oleh Sopir, untuk mengantisipasi hal tersebut maka GPS ini memegang peranan yang amat penting. jikalau suatu saat anda kehilangan kontak dengan armada atau dengan sopir , anda bisa langsung cek di website GPS, maka lokasi truk seketika akan terlihat meski truk dalam keadaan mati, maka anda bisa langsung meluncur ke lokasi tersebut, bayangkan jikalau tidak ada GPS di truk tadi, sudah pasti anda hanya bisa menebak nebak.

2. Mencegah truk digunakan untuk kegiatan lain

Bagi perusahaan expedisi yang sudah memiliki jadwal destinasi yang terjadwal pasti akan merasa heran jika truk yang seharusnya sudah kembali namun tidak kunjung datang. Ketika sopir datang mereka memberi alasan ini itu, mau tidak mau kita pasti akan menelannya karena tidak tau kondisi dijalan,

cerita akan berbeda jika truk terpasang GPS anda bisa melihat ini truk pergi kemana saja sehingga tidak kunjung tiba di poll, GPS akan merekam setiap perjalanan truk, anda bisa melihat kemana saja jalur truk sehingga menghindarkan truk dipakai ngompreng oleh sopir anda.

3. Kemudahan dalam pengecekan truk

GPS amat mudah untuk dilihat dan diakses, diera smartphone saat ini, anda bisa membuka GPS website dimana saja, sehingga anda akan memudahkan anda dalam memantau kendaraan dijalan, setiap saat dan dimana saja dengan smartphone.

4. Mendisiplinkan Sopir

Dengan adanya GPS maka sopir akan berpikir berkali kali jika ingin melakukan hal-hal diluar kerjaan yang melanggar disiplin, seperti ngompreng, sering berhenti, karena mereka tahu dengan adanya GPS semua gerak gerik terpantau oleh komputer, sehingga mereka bisa lebih disiplin.


Baca Juga : Jika kunci stater hilang

                   Penyebab tidak kuat stater

                   Syncromesh truk Hyundai

5. Meningkatkan pendapatan

Inilah tujuan utama dari setiap usaha, mendapat keuntungan, dengan GPS maka ritase armada dapat digenjot, target akan tercapai karena semua terkontrol dan tidak ada alasan untuk tidak segera kembali ke poll, terkadang ada sopir yang malas kembali narik karena dirasa sudah mendekati waktu istirahat mereka memilih beristirahat dijalan berlama lama supaya kembali ke poll sudah tidak cukup waktu lagi untuk berangkat lagi.akan sangat rugi jika barang menumpuk digudang dan tidak terdistribusikan.

demikan beberapa hal yang saya rasa menjadi keuntungan jika memasang GPS di armada anda, anda tertarik? kalo begitu silahkan saja anda buktikan sendiri. salam sukses
Load disqus comments

0 komentar