5 Sparepart yang perlu anda periksa ketika truk menerjang banjir

Banjir - Dicuaca dengan curah hujan yang tinggi seperti saat ini dan banjir juga banyak terjadi diberbagai wilayah, banyak genangan air dijalan-jalan, namun mesti hujan banjir namanya usaha tetap harus jalan, mana mungkin kita berenti beroperasi hanya karena hujan serta banjir yang tidak terlalu tinggi.

Truk menerjang banjir

Banjir dalam kategori yang masih bisa dilewati oleh truk, semisal setengah ban masih memungkinkan bagi kita untuk melewatinya, namun anda perlu memperhatikan beberapa komponen ini, supaya anda tetapa aman menerjang banjir.

komponen truk yang perlu diperiksa

1. Seal as Roda

Tidak bisa dipungkiri inilah komponen yang akan selalu terendam air ketika ban anda menerjang banjir atau terndam air, seal ini menjaga agar grease yang melumasi bearing tetap berada didalam dan tidak bocor, jika seal ini bocor maka grease akan keluar menyebabkan bearing mengalami kekeringan, bisa berkibat bearing rusak jika seal ini bocor.

maka anda perlu untuk memeriksa seal ini bila truk selepas menerjang banjir, atau truk sering melintas di genangan air yang cukup dalam.

2. Bearing

bearing dapat bekerja sempurna dengan adanya grease yang selalu melumasinya, jika air senantiasa masuk kedalam bearing, maka grease akan kehilangan daya pelumasan sehingga bearing akan menjadi susah untuk berputar, ketika susah untuk berputar maka pinion-pinion didalam bearing akan lepas, ketika pinion lepas bearing akan oblak, jika bearing oblak maka ban akan goyang serta seterusnya.
Guna mengantisipasi hal tersebut maka bearing perlu anda keluarkan untuk membersihkan dan di beri grease yang baru akan kinerjanya tetap bagus.

3. Seal rem

seal rem yang berada di roda juga amat riskan jika terlalu lama terendam oleh air, kebocoran pada seal akan sangat mungkin jika air sampai terlalu lama merendamnya, guna mengatasi dan mengantisipasi hal yang lebih parah lagi, silahkan anda chek daya cengkrang rem anda, gantilah seal rem jika kebocoran oli rem terlihat.

4. Sepatu rem

sepatu rem atau kampas rem, jika terandam air maka sepatu ini akan menjadi lembek namun daya cengkeram menjadi semakin kuat, karena saking kuat namun lembek terkadang sepatu rem akan cepat habis serta sering terdengah suara ciit ciit saat pengereman, selepas menerjang banjir ada baiknya anda untuk melepas sepatu rem dan membersihkannya, agar sepatu rem tersebut tetap awet.

5. Oli

baik oli mesin maupun transmisi, baiknya anda periksa siapa tau ada air yang masuk kedalam mesin melalui rembesan paking yang sudah bocor, oli yang tercampur air akan berwarna putih dan ini amat berbahaya jika anda tidak segera mengantinya, karena pengalaman banjir di bandung truk saya kemasukan air walau banjir hanya sebatas roda, ternyata air merembes melalui paking mesin yang sudah bocor.
itulah beberapa komponen yang akan rusak akibat banjir, semoga menjadi perhatian bagi anda untuk lebih waspada, salam sukses.
Load disqus comments

0 komentar