Komponen roda gigi differential/gardan truk serta fungsinya.

Differential - Secara bahasa memiliki arti perbedaan, kenapa perbedaan, karena fungsi utama dari differential unit adalah membedakan putaran, putaran apa yang dibedakan dan kenapa harus dibedakan yang dibedakan adalah putaran as roda kanan dan kiri, mereka perlu dibedakan agar mobil bisa dibelokkan tanpa mengalami kendala, bila tidak dibedakan mobil tetap berbelok namun ada sisi yang mengalami selip, atau bahkan malah terguling.


Differential unit umumnya memiliki 4 jenis roda gigi apa sajakah itu

4 macam gigi pada differential

Macam-macam gigi differential


1. Drive Pinion

bahasa bengkelnya adalah gigi nanas, karena memang bentuknya menyerupai nanas yang dikupas, jumlah lekukan giginya bervariasi antara unit truk, semakin banyak lekukan giginya maka akan semakin cepat putaran as rodanya, namun bukan dia saja yang menentukan kencang tidaknya putaran roda.

gigi nanas menyalurkan putaran dari poros kopel/poros gardan menuju ke ring gear atau gigi matahari, untuk selanjutnya dirubah arah putarannya sebesar 90 derajat, yang tadinya putaran vertikal dari mesin dirubah menjadi Horizontal.

2. Ring Gear

atau biasa disebut gigi matahari karena ukurannya yang besar dan bulat, lekukan giginya ada sekitar 36 dan 40 untuk truk hyundai, gigi ini berfungsi untuk merubah arah putaran dari gigi nanas ke poros roda sebesar 90 derajat.

Umumnya gigi nanas dan gigi matahari dijual satu set karena kedua gigi ini harus menempel dengan gap yang standar, bila hanya salah satu yang diganti maka akan menimbulkan gap yang tidak sama antara lekukan gigi-giginya.

3. Spider gear/pinion gear

gigi ini menempel pada gigi matahari dan terletak didalam differential case, gigi ini berputar karena poros spider gear yang menempel pada gigi matahari, jumlah putarannya sebanyak putaran gigi matahari, namun gigi ini juga berputar pada porosnya sendiri.

gigi spider berfungsi untuk memutarkan side gear dan membuat perbedaan putaran atara kedua side gear, gigi spider ini berjumlah 2 , atas dan bawah.

4. Side gear

gigi ini berfungsi untuk meneruskan putaran ke as roda dengan jumlah putaran yang diatur oleh spider gear, gear inilah yang langsung terhubung ke as roda, jumlahnya ada dua di kanan dan kiri.

Fungsi Roda gigi differential

fungsi utama dari gigi differential dapat saya bagi menajdi dua yaitu:

1. Untuk memindahkan putaran poros gardan/kopel serta merubah arah putaran menuju axel shaft / as roda.

2. Membuat perbedaan putaran antara roda kanan dan kiri, sehingga memungkinkan kendaraan dapat berbelok dengan aman.

Kenapa putaran roda perlu dibedakan?

saat kendaraan berbelok, jarak tempuh roda sebelah luar mendapat lintasan yang jauh lebih panjang dibanding dengan roda bagian dalam, bila roda tidak dibedakan jumlah putarannya maka mobil akan susah dibelokkan mungkin roda bagian dalam akan selip baru bisa belok atau yang lebih parah mobil terguling jika bebannya berat, guna mengatasi hal tersebut maka putaran roda perlu dibedakan antara kanan dan kiri saat membelok.

Prinsip Kerja differential

a. Saat kendaraan berjalan Lurus

gigi nanas akan memutarkan gigi matahari selanjutnya gigi matahari akan memutarkan pinion gear dan merubah arah putar menjadi horizontal, pinion gear akan memutarkan side gear kanan dan kiri dengan jumlah putaran yang sama, side gear meneruskannya ke kedua roda dengan jumlah putaran yang sama pula.

Baca juga :


Penyebab gardan truk hyundai dengung 
Sparepart Gigi gardan 
Fungsi Poros propeller/kopel

b. Saat kendaraan berbelok ke kanan

gigi nanas akan memutarkan gigi matahari selanjutnya gigi matahari akan memutarkan pinion gear dan merubah arah putar menjadi horizontal, pinion gear akan memutarkan side gear kanan dan kiri. Karena kendaraan berbelok ke kanan maka as roda sebelah kanan akan mendapat beban lebih berat dari as sebelah kiri, hal ini membuat pinion gear sedikit berat memutar side gear kanan, namun lancar saat memutar side gear kiri, membuat side gear kiri mendapat putaran lebih banyak dari pada side gear kanan, karena perbedaan jumlah putaran kanan dan kiri ini maka mobil menjadi nyaman saat berbelok kekanan.

c. Saat mobil berbelok kekiri

gigi nanas akan memutarkan gigi matahari selanjutnya gigi matahari akan memutarkan pinion gear dan merubah arah putar menjadi horizontal, pinion gear akan memutarkan side gear kanan dan kiri. Karena kendaraan berbelok ke kanan maka as roda sebelah kiri akan mendapat beban lebih berat dari as sebelah kanan, hal ini membuat pinion gear sedikit berat memutar side gear kiri, namun lancar saat memutar side gear kanan, membuat side gear kanan mendapat putaran lebih banyak dari pada side gear kiri, karena perbedaan jumlah putaran kiri dan kanan ini maka mobil menjadi nyaman saat berbelok kekiri.

Kerusakan roda gigi differential

karena gesekan antar gigi differential maka tak ayal kerusakan pasti akan terjadi, gesekan-gesekan antar metal tersebut menimbulkan panas yang sangat tinggi, guna meredam panas dan gaya gesek, maka gardan membutuhkan oli yang lebih kental ketimbang dengan oli mesin. karena panas dan putaran yang tinggi maka gigi akan mengalami kerusakan. adapun beberapa kerusakan yang umum terjadi.

1. Gigi gompal
gigi gompal atau patah sering dialami oleh gigi nanas, karena gigi ini paling berat dan paling cepat gaya putarnya, serta dia harus memutar gigi nanas yang jauh lebih besar dan berat dari gigi nanas, sehingga tak ayal dari presentase kerusakan gigi ini paling besar.

2. Gap antar gigi
gaya putar dan gaya gesek antara gigi-gigi differential lambat laun akan mengikis sedikit demi sedikit lapisan gigi, jika gap sudah terlalu lebar dan gigi-gigi tampak sudah runcing terkadang terdengar suara mendengung dari gardan, gap yang lebar juga membuat gigi-gigi sedikit oblak.

3. Oli bocor
kerusakan yang hampir semua truk mengalami kebocoran oli ini karena seal-seal sudah bocor, jangan sampai oli di gardan anda habis akibat dari kerusakan seal ini, jika oli habis saya pastikan rontok semua gigi differential.

demikian kiranya sedikit penjabaran tentang komponen dan fungsi dari gigi differential, semoga menambah pengetahuan anda, terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar