Apa yang perlu anda lakukan ketika rem blong saat berkendara? temukan jawabannya disini

Rem blong - Sering kita baru menyadari bahwa rem tidak berfungsi setelah kita mengendarainya, rem blong sangat amat berbahaya karena kita kehinlangan kontrol terhadap kendaraan.

Ilustrasi rem blong

Namun bagaimana cara yang tepat mengatasi situasi rem blong disaat kecepatan tinggi, langkah apa yang akan anda ambil guna menghindari resiko yang lebih besar?

1. Apakah langsung menarik rem tangan?

2. Mematikan mesin?

3. langsung banting setir?

4. Menurunkan gigi persnelling?

mari kita ulas satu persatu dan temukan tindakan yang paling tepat guna menghindari kecelakaan fatal.

1. Menarik rem tangan

dalam keadaan panik pasti inilah yang akan terpikirkan, tapi tahukah anda jika dalam kecepatan tinggi anda seketika menarik rem tangan? tentu kendaraan anda akan selip dan bisa jadi akan terguling. jadi sikap ini kurang aman

2. Mematikan mesin

Mematikan mesin dengan harapan tidak ada lagi tenaga mesin dan mengharap mobil akan terhenti, anda salah, ketika anda mematikan mesin maka steer akan mengunci dan fungsi komponen akan ikut mati juga, bila steer terkunci lantas mau kemana arah mobil ini. mobil juga pasti akan terguling.  ini juga bukan sikap yang aman.

3. Langsung banting setir

langsung banting stir mungkin adalah hal yang sering kita dengar karena kepanikan saat rem blong, banting steer kearah yang salah justru akan menimbulkan kecelakaan yang lebih fatal lagi.

4. Menurunkan gigi transmisi

ketika kecepatan tinggi sangat tidak dimungkinkan untuk berpindah kegigi yang lebih rendah, apalagi langsung dari gigi 5 ke gigi 2, pasti tuas tidak bisa masuk kegigi rendah karena putaran mesin masih sangat tinggi, jadi sikap ini tidak dimungkinkan.

Baca Juga :


Letak serta fungsi spindle dan ball joint truk

Wajah baru transjakarta kini dan dulu

Fungsi GPS bagi Sopir yang tidak tau jalan

Lantas bagaimana cara yang tepat saat rem blong

Guna menghindari kecelakaan diri dan orang sekitar dan meminimalisir kerugian berikut adalah tips yang bisa kita gunakan ketika kendaraan mengalami rem blong

1. Kuasai diri

pertama sudah pasti anda harus mengusai kepanikan, karena keputusan tidak akan dapat diambil secara tepat ketika suasana panik.

2. Hidupkan lampu hazard serta bunyikan klakson.

sebagai tanda untuk memberitahu pengguna jalan lain bahwa kita sedang mengalami trouble dan bunyikan klakson agar lebih membuat kendaraan atau orang disekitar lebih tanggap.

3. Netralkan gigi transmisi

ketika transmisi dinetralkan maka kendaraan akan bertambah kecepatannya dan sedikit akan liar, menetralkan gigi guna menghindari mesin mati kemudian bantu dengan rem tangan setelah kendaraan mengalami penurunan kecepatan segera pindahkan gigi ke gigi lebih rendah.

4. Arahkan kendaraan kebahu jalan.


semoga dengan tips yang saya infokan sedikit dapat menambah wawasan saat berkendaraa, maafkan ssaya bila ada kesalahan dan mohon di benarkan. terima kasih
Load disqus comments

0 komentar