Oli Power Steering bocor

Power steering adalah suatu sistem kemudi daya,kalau istilah bahasa Indonesia nya.Sistem ini memberikan kemudahan buat pengemudi memutar roda stir tanpa mengeluarkan banyak tenaga,terutama di saat mobil diam dan berjalan perlahan.

Pada truk Hyundai Untuk semua type telah dilengkapi dengan Power Stering membuat kemudi Truk ini ringan bak mobil hyundai sedan,tak seperti truk sederajat yang masih menggunakan power boyok alias tanpa power steering.
 adapun beberapa komponen System Power Steering

1.Pompa Power Steering
2.Tank Oil Power Steering

3. Hose Power Steering

Pompa power steering akan memompa oli yang berada di tank oil melewati hose power steering menuju ke gear box sehingga kemudi menjadi enteng, nahh bagaimana bisa kemudi enteng bila ditengah jalan ternyata oli dibajak, alias bocor di jalan, so pasti oli power steering lama kelamaan akan terkuras habis, dan bagaimana bila penyakit ini tidak segera ketemu? Bukan hanya steering yang berat, lama kelamaan pompa power steering akan jebol.


Nah pada kasus yang saya alami dan rata – rata kenapa truk saya sering kehabisan oli, baru 2 hari supir minta oli,besuk minta lagi, ni oli diminum kali ama supir,lebih merepotkan lagi truk dijalan teriak teriak kalau steering berat,truk tidak bisa balik ke garasi,makin mahallah kalau service dijalan,karena bengkel biasa yang tidak pegang hyundai akan bingung tu nyari penyebabnya.

Lama lama jengkel pula, diadakan investigasi menyeluruh dibagian power steering, nah lohh ketemu juga penyakitnya, sambil mesin dihidupkan dan steer di goyang kanan kiri, kelihatan dimana kebocoran terjadi ternyata  Hose Power Steering  yang panjangnya cuma 10 cm pecah,pecahnya tidak kelihatan karena Cuma berlubang sedikit, penyelidikan dilanjutkan, kenapa ini hose bisa pecah? Ternyata penyebabnya hose ini menempel pada fan belt, ketemu sudah jawaban dari permasalah, saat nya bekerja.

Gambar: Hose Power Steering.

Nah itulah sobat gambar hosenya, penyebab utama hose ini retak,bocor,pecah

1. Termakan Usia

Hose ini juga bisa retak karena usianya yan sudah lapuk, lama kelamaan karet menjadi lembek dan retak

2. Hose terserempet Fan Belt.

Nah penyebab utama dan sering pula terjadi adalah menempel pada belt karna jaraknya sangat dekat.solusinya kita ganti hose yang agak pendek saja supa ada gap yang cukup jauh dengan fan belt

Sparepart.

Tak perlu pusing pusing kalau item ini ,Bawa saja bekas dari hose yang rusak tadi ke toko sparepart, minta saja hose yang memiliki diameter yang sama dan ingat harus yang berbentuk “L”, boleh lebih panjang asala ada lekukannya/belokannya, nanti bisa dipotong sendiri, harganya mjrah dan ada di setiap toko sparepart

demikian info dari saya dan terima kasih. Salam 1 aspal
Load disqus comments

0 komentar