Apakah truk sobat terasa boros? Biasa isi solar 100 ribu cukup
sampai tangerang kini Cuma cukup sampai bekasi, hehehe, ini truk sudah tua kali
ya, eiittt jangan asal tuduh dulu mesti lakukan investigasi terlebih dahulu.
Nih coba analisa menyebabkan truk terasa lebih boros :
1. Saringan udara kotor
Checking saringan udara terlebih dahulu,
berapa bulan tuh saringan udara tidak diganti, bila saringan kotor maka
udara bersih akan terhambat masuk ke ruang bakar, sehingga konsumsi solar
semakin banyak.
Baca juga : Filter udara truk hyundai
2. knalpot bocor,
Nah tuu baut kenalpot sudah kenceng
belum ,atau jangan jangan knalpot patah atau retak yang tidak terdeteksi .hal
sepele namun sering sebagai penyebab solar terasa lebih boros.
Baca Juga : Knalpot truk sering patah, kenali penyebabnya
3. Setelan Klep tidak sesuai
Berapa tahun sudah truk mas bro tidak
diservice, biasanya kalau diservice itu klep pasti distel sama mekanik .setelan
buang dan masuk yang tidak seimbang akan menyebabkan solar menjadi boros mas
bro.
4. Nozzle Bocor
Ini ni analisa terakhir apabila semua hal diatas sudah diperiksa dan
sudah diganti dengan part yang baru namun truk masih saja teras boros, hanya
mekanik yang mampu mendeteksinya gan, jadi mau ndak mau harus ke bengkel atau
mekanik pool dah diberdayakan untuk mengoperasi nozzle.
Nozzel berfungsi sebagai pengabut solar yang akanmasuk ke ruang
bakar, dia akan menyemprotkan solar yang sudah dikabutkan sedemikian halus
supaya mudah terbakar , bagaimana jika lubang ujungnya lebar maka solar akan
masuk lebih banyak tanpa pengabutan yang sempurna sehingga konsumsi solar semakin banyak.
Nozzel Hyundai |
inilah inti dari artikel ini yaitu Nozzle. saya belajar dari kasus saya sendiri, truk sudah berkali kali distel klep, saringan udara juga sudah di ganti, supir masih saja ngiri dengan truk tetangga yang sama speknya tapi solarnya kok irit.
Baca Juga : Motor stater Truk hyundai
Terpaksa dan mau tidak mau
mencoba untuk membongkar nozzle walau pada awalnya males sekali, dari pada
supir ngambek tidak mau narik, yasudah ayo kita bongkar.mekanik pun berangkat
dan sreeesett Cuma 10mnt untuk membuka nozzle dan benar memang ituu kata supir
dan mekanikpun mengamini bahwa nozzle sudah bocor boss, perlu dikalibari.
Akhirnya nozzle dilarikan ke bengkel
kalibrasi terdekat, sepaham dengan mereka tukang kalibrasi lebih galak
analisanya, malah daleman nozzle harus diganti karna jarum sudah aus dan tak
bisa lagi dipakai.
Sparepart.
Bertanya pula pada tukang kalibrasi, apa
ada sparepart nya ini nozzle hyundai? Yunggu 1 hari saya check dulu boss,
ternyata ini nozzle dalamannya sama dengan punya truk colt diesel, okelah ganti
aja, ampun dah harganya mahal sekali 1 nozzle aja Rp.250.000, sabar sabaarr,
benar saja setelah nozzle diganti truk pun iritt riiittt tarikan lancarrr
0 komentar