Gambar 1: master kopling atas hyundai |
Master Kopling Atas pada truk Hyundai berfungsi sebagai penekan minyak ketika pedal kopling
diinjak sehingga gigi transmisi bisa masuk dengan mudah. pada truk hyundai
system yang dipakai untuk menekan cicin penekan pada kopling housing menggunakan
sytem oli, pada kebanyakan truk lain masih memakai kawat kabel sebagai media
pemindah tenaganya, system master kopling ini memakai booster yang terhubung
secara paralel edengan master rem, jadi booster di truk hyundai berbagai tenaga
dengan master rem, jadi tidak heran apabila rem sering di injak pedal rem akan
teras berat karena angin terpakai oleh master rem, namun dengan memakai booster
ini pula tenaga yang dibutuhkan untuk menginjak pedal kopling menjadi sangat
ringan serasa naik sedan broo, tapi harus pula hati-hati karena sedikit saja
kaki menginjak pedal koplig maka kopling pun akan bekerja, sehingga kaki harus
benar benar lepas dari pedal kopling.
salah satu Indikasi yang mengarah pada Rusaknya master kopling atas.
1. Kopling ngempos, padahal tidak ada rembesan di master kopling bawah.
Karena vitalnya kerja dari pedal kopling ini dan seringnya di injak dan
mungkin juga karena termakan usia kerusakan master
kopling Atas pun tidak dapat dihindari, beberapa kerusakan yang mungkin dan
sering dialami oleh master kopling atas;
1. Seal bocor
Seal bocor, sparepart ini ada didlam
tabung master kopling sebagai item yang berfungsi untuk mendorong dan menyekat
aliran oli, jika part ini bocor maka oli takkan terdorong dengan sempurna dan
bahkan kopling takkan berfungsi.jika part ini rusak masih bisa diganti dengan 1
set daleman master kopling saja dan tabung masih bisa dipakai.
2. Rumah master kopling tergores atau berkarat.
Berawal dari seal bocor sehingga jalannya
piston menjadi miring dan menggores dinding silikon yang ada didalam, jika
dinding sudah tergores maka habislah sudah, master koplibg harus diganti 1 set,
karena tak mungkin lagi ia dapat bekerja dengan maksimal
1. Kopling menjadi enteng
2. Mengemudi menjadi lebih nyaman.
namun diantara keuntungann di atas ada pula kekurangan dengan adanya booster di master kopling atas ditruk hyundai ini;
1. Booster master kopling dan booster master rem mengarah pada 1 tabung udara,sehingga apabila terlalu sering menginjak rem dan kopling secara bersamaan akan membuat pedal rem ataupun kopling menjadi berat.
2. menambah biaya perawatan.
Sparepart.
Untuk seal master kopling dalam keadaan darurat kita masih bisa memakai
koponen dari truk mitshubisi, namun apabila rumah master kopling yang rusak
maka harus diganti 1 set, namun sampai saat ini saya belum menemukan persamaan
yang cocok untuk master kopling atas ini,dikarena ada coakan yang berfungsi
untuk tempak seal yang terhubung ke booster, dan model seperti ini belum saya
temui untuk merek truk lainnya,seperti terlihat pada gambar di bawah.
saya masih order langsung ke dealer hyundai, ya tentunya dengan harga yang
mahal, untuk harga second berkisar Rp, 750,000.
Gambar : Posisi Karet Seal Master Kopling Atas
1 komentar: