Steering Truck Hyundai Berat,temukan jawabannya disini

Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda-roda depan.Bila roda kemudi diputar, steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear. Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage.

Pada truck hyundai sudah memakai system kemudi Power Steering Sistem kemudi ini memiliki sebuah booster hidraulis dibagian tengah mekanisme kemudi agar kemudi menjadi lebih ringan. Dalam keadaan normal beratnya putaran roda kemudi adalah 2-4 kg
Sistem power steering direncanakan untuk mengurangi usaha pengemudian bila kendaraan bergerak pada putaran rendah dan menyesuaikan pada tingkat tertentu bila kendaraan bergerak, mulai kecepatan medium sampai kecepatan tinggi.
Penggunaan power steering memberikan keuntungan seperti :

- Mengurangi daya pengemudian ( steering effort )
- Kestabilan yang tinggi selama pengemudian

Cara kerja power steering :
gambar ; Komponen Power steering

1. Posisi netral

Minyak dari pompa dialirkan ke katup pengontrol ( control valve ). Bila katup pengontrol berada pada posisi netral, semua minyak akan mengalir melalui katup pengontrol ke saluran pembebas ( relief port )dan kembali ke pompa. Pada saat ini tidak terbentuk tekanan dan arena tekanan kedua sisi sama, torak tidak bergerak.
Animasi gerakan fluida pada posisi netral

2. Pada saat membelok

Pada saat poros utama kemudi (steeringmain shaft) diputar ke salah satu arah, katup pengontrol juga akan bergerak menutup salah satu saluran minyak. Saluran yang lain akan terbuka dan akan terjadi perubahan volume aliran minyak dan akhirnya terbentuk tekanan. Pada kedua sisi torak akan terjadi perbedaan tekanan dan torak akan bergerak ke sisi yang bertekanan rendah sehingga minyak yang berada dalam ruangan tersebut akan dikembalikan ke pompa melalui katup pengontrol.
  
Penyebab

Meski sudah berteknologi power steering, kadang putaran di lingkar kemudi truk bisa menjadi lebih berat dibanding biasanya. Memang sih, sangat jarang terjadi, namun ketika terjadi, paling tidak sudah bisa diketahui penyebabnya. Beratnya putaran kemudi bisa disebabkan karena perilaku dari pengemudi itu sendiri atau juga akibat komponen lainnya.  Apa saja yang perlu diperhatikan ketika setir tiba-tiba berat?:

1.Ban botak juga bisa membuat putaran lingkar kemudi menjadi berat. Penyebabnya, karena dengan ban botak tersebut, area kontak dengan aspal menjadi lebih banyak.

2.Tekanan angin ban yang kurang juga sebenarnya membuat lingkar kemudi jadi berat. Sama seperti ban botak, kejadian ini kerap tidak dirasakan oleh pengemudi. Akan sangat terasa kalau ban depan secara bersamaan kurang angin

3. Kerusakan pada sistem power steering juga menjadi penyebab lingkar kemudi bisa tiba-tiba berat.

Sama seperti yang saya alami ketika steering truk hyundai lambat laun terasa berat dan hampir sama beratnya bila tidak memakai power steering.adapun komponen komponen power steering yang saya periksa:

1. ‘U’ hose
Posisinya berada dekat dekat fan belt ,biasanya hose ini sobek tergesek fan belt karena memang jarak hose ini terlalu dekat dengan fan belt, Jika sobek anda ganti saja dengan hose yang serupa diameternya. Serta hose yang ada dibawah tank oil power steering.

2. Hose oil press
Bilamana hose ini yang bocor. nah anda tidak akan menemukan persamaanya, satu satunya cara kita repair ke tukang press harganya lumayan mahal antar 300-400 ribu gan,kita cukup ganti hose nya saja karena kepala hose ini yang memang tidak ada persamaannya.

3. Pump Power steering
Coba cek area power steering, saya pernah mendapatkan 1 kasus dimana oli power steering rembes dari area pump ini, yah terpaksa saya ganti pump power steering, jika ada sobat yang berkenan saya masih ada 1 stock pump power steering.


Cukup sekian saja share saya kali ini soal power steering hyundai yang berat
Load disqus comments

1 komentar: