Fungsi dan cara kerja water pump pada mesin diesel

Wate Pump-  dari bahasanya kita bisa mengetahui kalau komponen ini untuk memompa air, prinsip kerjanya seperti kita punya pompa air dirumah yaitu untuk menyedot air.

water pump


Kenapa pada mesin diperlukan pompa? guna menyirkulasikan air dari radiator ke blok mesin maka diperlukan komponen tambahan yang bisa menyedot dengan maksimal, kalau hanya mengandalkan aliran air alami dari radiator maka air tidak akan bersirkulasi dengan cepat bahkan tidak mungkin bisa bersirkulasi karena gaya gravitasi tidak bekerja dimana letak selang radiator lebih rendah dari pada mesin.
Baca juga : Keuntungan memasang GPS pada kendaraan
maka dari hal diatas dapat kita simpulkan kalau fungsi dari water pump adalah untuk memungkinkan air radiator dapat bersirkulasi dengan cepat guna mendinginkan blok mesin.

Cara kerja water pump

water pump berputar karena adanya belt yang memutarnya terhubung dengan crank shaf sehingga putarannya amat cepat serta terdapat kipas radiator pada ujung water pump.

Pada water pump terdapat baling-baling, jika anda melepas water pump akan terlihat dua lubang air, dimana baling baling tersebut akan berputar menyedot air radiator dari exhoust pipe dimana air dingin keluar dari pipa tersebut.
Baca juga : Mengenal truck FAW indonesia
selanjutnya air akan didorong masuk menuju blok mesin, air dingin lalu mendorong air yang sudah panas didalam blok mesin, jika air panas sudah melampaui batas temperatur maka katup termostat akan terbuka membuat air panas terdorong oleh baling-baling water pump keluar menuju radiator melalui inhoust pipe.

begitulah kira-kira langkah cara kerja dari water pump sebagai komponen yang membuat sirkulasi air pendingan menjadi lancar.


Kerusakan pada Water pump

water pump ini memiliki peranan yang penting dalam sistem pendingin bergandengan dengan kipas radiator yang terpasang pada lokasi yang sama, mereka bahu membahu mendinginkan mesin.
Baca juga : Harga dan fungsi kipas radiator truck
namun ada dan pasti akan tiba waktunya komponen water pump ini akan mengalami kerusakan, apa saja kerusakan tersebut, saya mencoba merangkum dari apa yang saya ketahui dan alami.

1. Bearing rusak

kerusakan bearing pada water pump ini ditandai dengan terdengarkan suara noise yang cukup kencang pada area water pump.

2. Baling-baling terkikis

baling baling ini rusak karena korosi hanya menyisakan sedikit saja, kerusakan ini mungkin saja dipengaruhi oleh kondisi air radiator yang membuat baling-baling dari besi ini korosi akhirnya terkikis habis.

kerusakan pada baling-baling ini agak rumit dideteksi, kadang malah tidak terpikirkan, karena gejala dari baling-baling rusak ini adalah overheat, temperatur cepat naik, namun tidak ada rembesan air.

maka anda perlu menjadikannya sebagai point check ketika menemui truk anda terperaturnya gampang panas.

demikian ulasan saya kali ini tentang water pump semoga bermanfaat dan membantu anda, terima kasih
Load disqus comments

0 komentar