Tie rod Truk Hyundai

Gambar : Posisi Tierod Hyundai
Tie rod dan long tie rod adalah merupakan bagian dari system kemudi yang berfungsi untuk meneruskan putaran kemudi ke roda kanan dankiri sehingga dapat berbelok ke kanan dan kekiri.
Akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan tie rod baik tie rod atau long tie rod adalah roda akan teras kocak/oblag saat melewati jalan yang jelek. Cara pemeriksaan tierod ini cukup mudah, dongkak roda depan ,badan menghadap ke roda kemudian goyangkan roda ke arah kanan dan kiri, bila roda terasa oblag dan kocak berarti tie rod sudah saatnya diganti.bila kerusakan sudah parah maka tidak perlu roda didongkrakpun akan terasa bahwa roda sudah oblag saat roda di gerakkan kekanan dan kekiri.

Penyebab Tie Rod dan Long Tie Rod Rusak

Bagian spare part yang satu ini termasuk bagian spare part yang aktif alias terus melakukan gerak ketika kita memutar steer dan bahan yang menahan poros gerak itu adalah bagian joint dari tie rod yang berupa karet boot. Tentu saja karet yang mengalami pergerakan terus menerus, lama kelamaan akan pecah ataupun getas. Sedangkan pada bagian long tie rod juga mengalami kerusakan karena dia merupakan poros dari tenaga untuk disalurkan kepada knuckle sehingga ban mobil mengalami pergerakan ke kiri ataupun kanan.

Jadi, penyebab utama tie rod dan long tie rusak adalah karena usia pemakaian dan yang kedua adalah jalan yang rusak ataupun lubang yang sering kita lalui dengan kecepatan yang cukup tinggi. Memang ketika kita menghantam lubang dengan kecepatan yang cukup tinggi tentu bukan hanya bagian tie rod dan long tie rod yang berpotensial rusak tetapi hampir semua bagian kaki-kaki mengalami rawan untuk kerusakan.

Pencegahan dini agar tierod awet
Merawat memang pekerjaan yang susah,tapi semua perlu dirawat agar awet bukan, beberapa tips agar tie rod ini berumur panjang.
1.Hindari lubang saat dalam kecepatan tinggi atau kemudikan kendaraan dengan pelan pelan saat melewati jalan rusak
2. Berikan grease secara berkala dengan pompa grease
3. Bersihkan area ball joint ketika membersihkan kendaraan

Sparepart
Tierod dan long tie rod truk hyundai ini tidak ada persamaannya, jadi anda harus membeli yang orisinil, perlu di ingat untuk tie rod ini harus sepasang waktu membelinya anta kanan dan kiri, biasanya saya hanya membeli tie rod end nya saya, untuk long tie rod saya masih pakai yang bekasnya saja.
Namun  ilamana anda belum memiliki  dana, ada baiknya kita lakukan dulu menyetelan, bila tidak mampu ke bengkel untuk melakukan perbaikan tie rod, kita lakukan secara manual saja dulu .

beberapa peralatan yang mesti disiapkan terlebih dahulu
1. meteran, meteran yang biasa buat pertukangan
2. kunci untuk mengendurkan tie rod

  •  langkah langkah untuk melakukan penyetelan manual tierod


1. Sejajarkan kedua roda depan, usahakan truk berapa di tempat yang datar
2. Buatlah garis lintasan yang lurus
3. Jalankan truk ke arah lintasan tersebut
4. Ukur penyimpangan lintasan antara roda kanan dan kiri
5. Lakukan penyetelan pada tierod end samakan antara kanan dan kiri dengan memutar sambungan antara tierod end dengan long tie rod

demikian tips yag pernah saya lakukan untuk sementara waktu agar tie rod masih bisa dipergunakan, akhir kata demikian info dari saya dan terima kasih sudah berkunjung



Load disqus comments

0 komentar