Tips Mengatasi Hanger Per Hyundai Patah

Hanger per, Komponen Inilah Penghubung daun per dengan chasis, sangat vital peran komponen ini, dia juga merupakan tumpuan beban truk, Apabila truk kita tiap hari mengangkut muatan yang lumayan berat atau mungkin muatannya selalu melebihi load yang diijinkan, maka sangat lazim kalo Komponen ini sering patah karena beban muatan yang harus ia tanggung, patahnya Hanger per ini bisa terjadi pada baut pengikat dengan chasis patah semua ,bila hanger ini patah maka truk akan terlihat miring dan  ban belakang hampir mepet dengan chasis seperti gambar ini:

Gambar : Hanger Per Patah

Penyebab kerusakan hanger per
Beberapa penyebab yang membuat hanger ini patah :

1.Beban yang terlalu berat
Karena beban yang terlalu berat membuat komponen ini harus bekerja extra menahan beban ditambah dengan kondisi jalan yang jelek semakin memper-parah kerusakan pada komponen ini

2. Baut kendor
Baut 1 atau 2 yang kendor akan membuat daya dibebankan pada sisa baut yang masih kencang, al hasil lama kelamaan karena tidak terdeteksi baut yang lainpun akan patah karena beban tidak merata ditahan oleh baut.

3. Keropos
Faktor usia truk  juga berpengaruh atas usia hanger, hanger yang keropos akibat karat membuat hanger akan patah

Perwatan dan pencegahan
Sesekali jangan lupa pengecheck kondisi baut pengikat hanger, bilamana ada salah satu yang kendor segera kencangkan, sebagai langkah preventif untuk mencegah masalah yang lebih besar. Hanya butuh berapa menit saja untuk melihat kondisi baut ini kok.

Sparepart
Gambar : hanger per colt diesel 125PS cocok untuk hyundai
Sama halnya dengan kasus yang saya alami, dikarenakan truk sering mengangkut beban yang over maka hanger per pun jadi korban, hanger ini menempel pada body yang diikat dengan 6 baut yang lumayan besar, entah beban yang berat atau truk saya yang rewel, ke enam baut ini patah semua tak tersisa, karena masih belum menemukan sparepart yang sesuai akhirnya saya perbaiki hanya dengan dilas saja sebagai pengganti bautnya karena lubang baut pada hangerpun ikut sobek, namun seberapa kuat las mampu menahan seluruh beban truk, hanya mampu bertahan seminggu hanger ini jebol lagi.

Karena capek juga lama lama harus dilas terus, akhirnya saya berspekulasi untuk memakai hanger dari truk lain, tanpa saya duga sebelumnya ternyata hanger ini sama dengan hanger milik canter 125 PS.betapa senang hatiku ,selain mudahnya mendapat sparepart ini, harganya pun terjangkau. Adapun hanger per colt diesel tersebut seperti gambar ini.

Semoga artikel ini membantu sobat semua yang mengalami kasus seperti saya, jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengganti hanger ini jika patah. Sekian dan terima kasih


Load disqus comments

0 komentar