Kopling Truk Hyundai


Gambar 1: Kampas Kopling truk Hyundai
Hampir semua kampas kompling pasti mempunyai masa usia pakai , usia pakai ini biasanya berdasarkan waktu atau jarak tepuh saat kendaraan tersebut digunakan, tergantung sih sebenarnya bagaimana karakter supirnya ,kalau misal kalau supirnya makai mobilnya ugal-ugalan pasti cepat habis, tapi kalau supir yang sudah pengalaman biasanya dia paham bagaimana menempatkan kaki di pedal kopling yang benar. dan biasanya karakter supir yang mengemudi itu menjadi salah satu penyebab kampas kopling cepet habis. Hal tersebut juga sebenarnya bisa digunakan untuk mendeteksi kompas kopling habis.
Nah mungkin sobat masih bingung bukan mengenali mengenai ciri ciri kampas kopling, sebenarnya ada banyak sekali ciri untuk mendeteksi kampas kompling habis , sobat bisa melihat beberapa gejala dibawah ini

1. Akselerasi mesin lemah
Jika anda mengalami kampas kompling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga yang mentrasfer ke mesin dengan begitu akselerasi menjadi lemah dan hal ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memaksimalkan kecepatan. Misalnya saja kecepatan truk kita sudah mencapai 100km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun jika kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu skitar 15 detik atau bahkan bisa lebih .

2.Selip Kopling
Gejala gelip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah habis,biasanya ditandai dengan suara mesin yang mendengung. akan tetapi gejala ini juga bisa disebabkan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu digunakan dan belum pernah diganti.
Pedal kopling keras
Bila kampas kopling mulai habis, maka pedal kopling terasa lebih keras, sehingga butuh tenaga lebih untuk menginjak pedal kopling dan spelling pedal juga semakin tinggi

3. Putaran mesin tinggi
Sudah tentu putaran mesin menjadi tinggi karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin sehingga menjadi mesin memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan standard. Contoh saat kampas kopling masih tebal biasanya bisa mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin sampai 5000 rpm namun jika kampas kopling aus untuk mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran hingga 8500 rpm.

4.Perpindahan gigi perseneling 
Gejala berikutnya yaitu jika terjadi gejala kampas kopling habis biasanya saat  mengganti persenelingnya terasa keras yang biasanya kalau kampas kopling masih tebal pergantian gigi ini 


  • Pencegahan

Agar kampas kopling hyundai ini awet maka lakukan sedikit cara sederhana berikut.
Jangan sandarkan kaki kiri dipedal kopling terus, inhat hyundai memaki booster master kopling yang membuat pedal kopling ini sangat empuk, jadi sedikit tekanan pada pedal kopling akan membuat kampas kopling bekerja
Jangan memainkan pedal kopling dengan sengaja, kadang perilaku pengemudi ini sangat bermacam macam dan aneh aneh.

  • Sparepart

Pada awal mula memegang truk hyundai saya tak pernah menyangka kalau kampas kopling sama persis dengan miliknya truk yang ada di luaran sparepart ini sama dengan colt diesel 120 ps untuk hyundai 125 ps, dan untuk hyundai  136 ps cocok dengan canter 125 PS.Baik diameter ataupun diameter  AS tengahnya sangat sesuai.
Bila mana per-per yang ada di kampas kopling masih bagus saya biasanya hanya memanteknya saja di tukang pantek, sangat gampang dan mudah bukan, serta bila dekrup nya sudah aus, dia juga sama dengan dekrupnya mitshubisi.

Sekian info soal kampas kopling semoga membantu sobat sekalian


Load disqus comments

0 komentar