5 kebiasaan buruk penyebab kerusakan truk hyundai

Selamat pagi sobat pecinta truk hyundai, berjumpa lagi dengan tulisan saya ini, pagi pagi terasa ada semangat yang membangunkan saya untuk menulis artikel kembali tentang truk hyundai ini. ya seperti kita tau bahwa kerusakan tidak selalu karena faktor Apes,Komponen yang sudah tua, maupun faktor eksternal lainnya, namun perlu kita mawas diri dan berkata jujur bahwa supirpun memberikan sumbangan yang cukup signifikan dalam memperpendek usia kendaraan dan penyebab truk menjadi rusak, dalam istilah kerennya adalah Human error, kesalahan yang diakibatkan oleh si pengemudi/supir. apa saja yang menurut saya human error tersebut, mari kita simak satu persatu:

1. Memasang banyak accesories lampu

Menambahkan accesories lampu maupun audio yang berlebihan dan tidak mengetahui cara yang benar untuk memasangnya, kebiasaan ini sangat banyak kita jumpai, sesama supir saling beradu keren terhadap truk batangannya, menambahkan berbagai macam lampu di sekeliling truk, dan ditambah pula audio yang banyak, kalau dilihat memang bagus sihh, saya pun mengakui, dan audio membuat nyupir jadi enjoy, namun bila masanganya asal asalan? kabel tidak diisolasi dengan benar, jalur jalur kabel berserakan, akhirnya kable konslet, sekring putus kebakar, dan si aki soak.

ada baiknya bila sobat semua mau menambahkan apa apa pada truk yan membutuhkan daya aki harap konsultasi dengan mekanik atau teman yang memahami agar supaya kerusakan yang tidak perlu dapat dihindari.


2. Kaki yang selalu menempel pada pedal kopling

Kriteria supir memang bermacam macam, namun supir yang berpengalaman dan yang baru mulai belajar jadi supir akan sangat terasa bila anda duduk di kursi penumpang, dari cara dia menge-rem, cara berpindah gigi serta dari cara dia menempatkan kaki di pedal kopling,

baca juga : Cara kerja kopling

kaki yang tidak segera dibebaskan dari pedal kopling akan membuat kopling tetap dalam posisi bekerja walau pun dengan tenaga yang sedikit, ingat !!! truk hyundai menggunakan booster untuk master cylinder yang atas, sedikit tenaga injakan membuat kopling ini sudah bekerja. kasus seperti sering saya alami.faktor pengemudi memegang peranan penting dalam menentukan usia pakai plat kopling ini.

3. Sandaran Kursi penumpang dicopot

Pernahkan anda naik truk bersama supir anda? saya kaget ketika melakukan perjalanan bersama truk hyundai kesayangan, saya melihat ini sandaran penumpang kok tidak ada lantas saya tanya ke suprinya " ini sandaran bangku penumpang kemana?", supir " saya lepas pak". apa yang ada di pikiran mereka ini, bangku sudah di buat bagus di lepas dengan alasan supaya kabin menjadi lebih luas. ya begitu salah satu perbuatan penyumbang kerusakan truk, hanya bisa ngelus dada.

4. Truk langsung dimatikan tanpa jeda

Sobat pecinta truk hyundai pasti tau donk kalau truk kita ini memakai turbo? paling bagus dikelasnya, tak akan ditemui di truk sekelas hyundai, tidak percaya cek aja sendiri, pasti juga paham dong fungsi turbo, dialah sang penambah napas dikala truk mulai kelelahan, dengan turbo tenaga menjadi lebih banyak so konsumsi solar juga banyak jangan ditanya kalau itu. tapi apakah semua supir anda paham cara memperlakukan turbo hyundai ini? bagi truk yang menggunakan turbo disarankan jangan langsung mematika kunci stater dikala truk sehabis melakukan perjalanan jauh, beri jeda minimal 5 menit baru mesin anda matikan. kebanyakan dan sebagian besar supir tidak paham dengan ini, sehingga kadang baru datang dari jawa langsung saja jegerr mainn dimatikan saja mesinnya.lama lama jebol turbonya.

 memberi jeda pada mesin akan menormalkan kerja turbo, biar olinya stabil dan turun dulu. perlakuan yang baik pada turbo akan membuat umurnya makin panjang. jangan tanya harga kalau turbo ini rusak, anda pasti kaget.diharapkan untuk memberi jeda pada mesin ini point pentingnya agar turb sobat menjadi awet.

5. Menaruh kopi di dashboar

gambar : penyebab konsleting
pasti semua supir tak lepas dengan kopi, karena sayapun juga. dan andapun juga pasti sering melihat gelas gelas kopi nangkring di dashboard. inilah contoh buruk yang akan memancing kerusakan besar, bagaimana kalau kopi tumpah, ada apa di bawah dasboard tersebut, yahh jaringan kabel kelistrikan,kalau kopi megendap di jaringan kabel pasti sebentar lagi konslet semua, seperti yang saya alami, gara gara kopi semua kelistrikan lumpuh, kabel terkenap tumpahan kopi, semua karena gelas kopi ditaruh didasboard.

jadi sobat diharapkan untuk merawat truk seperti merawat diri kita sendiri, ingat dialah ladang kita perlakukan dengan baik. salam satu aspal
Load disqus comments

0 komentar