Mengukur Kuat Arus Pengisian

 
Gambar 1;Skema pengisian
Mengukur kuat arus takkan pernah lepas dari Alternator dan komponen-komponen pengisian.Alternator Pada Sistem Pengsisian  berfungsi untuk mengisi kembali accu/bateri dan mensuplai arus listrik ke seluruh sistem kelistrikan setelah mesin hidup. Sistem pengisian terdapat beberapa komponen seperti alternator, regulator, baterai, kunci kontak dan kabel-kabel.
Sedangkan aki/bateri/accu berfungsi sebagai media penyimpan dan pensuplai arus listrik pada waktu kendaraan distarter. 

Fungsi lainnya sebagai pemasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu waktu kendaraan berhenti/parkir di malam hari, alarm, jam elektronik, dan sebagainya saat mesin mati.Ketika mesin hidup, aki berhenti bekerja. la hanya menerima pengisian yang dikirim oleh alternator (dinamo ampere) serta sebagai mensuplai arus saat mesin pertama kali dihidupkan.

Dapat kita katakan bahwa Alternator dan aki ini adalah pasangan suami istri, la bagaimana ada alternator tapi aki tidak ada,alternator yang mengasilkan dan aki yang akan menyimpan dan perangkat elektronik yang akan menghabiskannya.
Dapat kita katakan bahwa Alternator dan aki ini adalah pasangan suami istri, la bagaimana ada alternator tapi aki tidak ada,alternator yang mengasilkan dan aki yang akan menyimpan dan perangkat elektronik yang akan menghabiskannya.

Sesuai dengan judul artikel diatas, bagaimana sih mengukur besarnya kuat arus yang mengalir dari alternator ke Accu,, lho fungsinya apa gan mesti tau besarnya arus yang masuk ?

  • Untuk mengetahui apakah alternator kita masih bekerja dengan baik 
salah satu cara untuk mengetahui kondisi alternator adalah dengan mengukur kuat arus out put ke baterai,  dengan mengetahui besarnya aliran arus yang masuk ke accu berarti kita akan mengetahui apakah alternator kita masih bagus atau tidak dalam menghasilkan arus listrik untuk disimpan di bateri.
Baca juga :Penyebab Truk tidak kuat stater
Gambar 2:AVO Meter
Inilah AVO meter,kita akan menggunakan AVO meter digital ,karena lebih mudah untuk membaca hasilnya, AVO meter ialah kepanjangan dari Amper Volt Ohm, sesuai Dengan singkatanya alat ini berfungsi sebagai alat untuk mengukur kuat arus, tegangan dan juga hambatan,






Gambar 3:Cara mengukur kuat arus
 Putar Knop/saklar AVO meter Ke arah pengukuran kuat arus yaitu ke posisi Ampere.kaitkan avo meter ini ke kabel pengisian, lalu besarnya kuat arus akan terukur, bila alternator masih bagus kuat arus akan berada di level 0.22-0,24 seperti gambar disamping.









  • Mengetahui apakah accu kita masih kuat menyimpan arus.

Indikasi aki tidak kuat lagi menyimpan arus ialah ketika truk semalaman tidak hidup pagi harinya tidak mampu lagi distater padahal air aki penuh atau di antara level low dan high, indikasi lainnya suara klakson tidak keras dan lampu besar tidak terang.
 Dengan melakukan checking kuat arus ini kita kan melihat sebenarnya apakah aki ini masih sehat atau tidak.jika kita liat aliran pengisian begitu besar secara logika aki akan mampu terisi full selama 2 jam, namun kalu aki sudah tidak mampu menyimpan   arus yang masuk itu hanya numpang lewat, akhirnya sehari truk tidak jalan, besuknya sudah tidak kuat stater,

demikian info dari saya, jangan lupa tinggalkan koment nya ya...
Load disqus comments

0 komentar