Kopling
atau Clutch yaitu peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Fungsi kopling
adalah untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, kemudian transmisi mengubah
tingkat kecepatan sesuai dengan yang diinginkan.. Pada setiap
kendaraan mempunyai berbagai macam bentuk kopling yang berbeda beda. namun
secara umum cara kerja kopling sama semua dengan prinsip menghubungkan dan
memutuskan aliran tenaga.
Pada umunya, bagian utama kopling terdiri atas 3
macam, yaitu unit kopling, tutup kopling, dan unit pembebas. Unit kopling
terdiri atas plat kopling, plat tekan, dan pegas kopling. Tutup kopling diikat
oleh roda gila, sedangkan didalamnya dipasangkan pada roda poros persneling dan
ditempatkan diantara roda gila dan plat tekan. Plat tekan akan menekan plat
kopling terhadap roga gila dengan adanya tekanan dari pegas-pegas koping.
Peranti ini dibuat dari bahan besi tuang dimana bagian permukaannya dibuat
halus dan rata. Sedangkan plat kopling di buat untuk memberikan gesekan yang
besar pada roda gila dan plat tekan serta ditempatkan diantara keduanya
Komponen-komponen dari Kopling (Clutch)
Komponen utama dari kopling mulai dari roda gila
(flywheel) adalah sebagai berikut :
1. Driven
plate (juga dikenal sebagai piringan kopling, pelat kopling atau friction
disc/piringan gesek)
2. Clutch
pressure plate (plat penekan) dan covernya
3. Clutch
release atau throwout bearing
4. Clutch
release fork
Komponen-komponen kopling secara bersamaan membentuk
rangkaian kopling/kopling set (clutch assembly).
Komponen utama kopling dan fungsinya
(1) Clutch
release mechanism,Mekanisme Pembebas kopling (Kabel, hubungan atau hidrolik).Memungkinkan pengendara mengkopling
dengan pedal kaki.
(2) Clutch fork /Tuas/garpu kopling
Adalah
tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
(3) Pressure
Plate/ Plat penekan
Plat yang ditekan dengan
spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila (flywheel)
(4) Clutch
disc/ Pelat kopling
Piringan gesek yang dipasangkan ke
poros input transmisi. Memuat permukaan gesek(kasar) antara roda gila dengan
plat penekan.
(5) Flywheel /Roda gila
Memberikan suatu permukaan gesek
(kasar) pada plat kopling
(6) Pilot
bearing (ring atau bearing)
Mendukung/menyangga bagian ujung
depan dari poros input transmisi
Cara kerja kopling
1. Posisi terhubung (pedal kopling tidak diinjak)
Gambar : saat pedal kopling bebas |
(a) Pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/ tertekan.
(b) Kanvas kopling terjepit diantara fly wheel dan plat penekan ,
putaran mesin dapat diteruskan ke poros input transmisi.tidak dimungkinkan memasukkan gigi transmisi.
2. kopling posisi terlepas/pedal kopling diinjak
gambar : saat pedal kopling di injak |
(b) Kanvas kopling bebas dari penekanan/jepitan sehingga putaran mesin tidak
dapat diteruskan ke poros input transmisi, hanya sampai pada kanvas kopling saja memasukkan gigi transmisi bisa di mungkinkan.
Sparepart
Komponen-komponen yang ada di truk hyundai hanya
dekrup dan plat kopling saja yang memiliki submition/dapat diganti dengan
komponen milik truk lain, tapi itu pun sudah bagus karena memang plat kopling
dan dekrup ini yang sering mengalami masalah dan paling sering diganti.
0 komentar