Cara Kerja Kopling

Kopling atau Clutch yaitu peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengan  poros roda gigi transmisi. Fungsi kopling adalah untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, kemudian transmisi mengubah tingkat kecepatan sesuai dengan yang diinginkan..  Pada setiap kendaraan mempunyai berbagai macam bentuk kopling yang berbeda beda. namun secara umum cara kerja kopling sama semua dengan prinsip menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga.

Pada umunya, bagian utama kopling terdiri atas 3 macam, yaitu unit kopling, tutup kopling, dan unit pembebas. Unit kopling terdiri atas plat kopling, plat tekan, dan pegas kopling. Tutup kopling diikat oleh roda gila, sedangkan didalamnya dipasangkan pada roda poros persneling dan ditempatkan diantara roda gila dan plat tekan. Plat tekan akan menekan plat kopling terhadap roga gila dengan adanya tekanan dari pegas-pegas koping. Peranti ini dibuat dari bahan besi tuang dimana bagian permukaannya dibuat halus dan rata. Sedangkan plat kopling di buat untuk memberikan gesekan yang besar pada roda gila dan plat tekan serta ditempatkan diantara keduanya

Komponen-komponen dari Kopling (Clutch)

Komponen utama dari kopling mulai dari roda gila (flywheel) adalah sebagai berikut :
1.  Driven plate (juga dikenal sebagai piringan kopling, pelat kopling atau friction disc/piringan gesek)
2.  Clutch pressure plate (plat penekan) dan covernya
3.  Clutch release atau throwout bearing
4.  Clutch release fork

Komponen-komponen kopling secara bersamaan membentuk rangkaian kopling/kopling set (clutch assembly).

Komponen utama kopling dan fungsinya

(1)  Clutch release mechanism,Mekanisme Pembebas kopling (Kabel, hubungan atau hidrolik).Memungkinkan pengendara mengkopling dengan pedal kaki.
(2)   Clutch fork /Tuas/garpu kopling
Adalah tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
(3)  Pressure Plate/ Plat penekan
Plat yang ditekan dengan spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila (flywheel)
(4)  Clutch disc/ Pelat kopling
Piringan gesek yang dipasangkan ke poros input transmisi. Memuat permukaan gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan.
(5)  Flywheel /Roda gila
Memberikan suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling
(6)  Pilot bearing (ring atau bearing)
Mendukung/menyangga bagian ujung depan dari poros input transmisi

Cara kerja kopling

1. Posisi terhubung (pedal kopling tidak diinjak)
Gambar : saat pedal kopling bebas

(a) Pegas penekan diafragma menekan plat  penekan sehingga plat penekan         terhubung/ tertekan.
(b) Kanvas kopling terjepit diantara fly    wheel dan plat penekan , putaran mesin  dapat diteruskan ke poros input                 transmisi.tidak dimungkinkan                    memasukkan gigi transmisi.

2. kopling posisi terlepas/pedal kopling diinjak


gambar : saat pedal kopling di injak
(a) Plat penekan diafragma mengungkit plat penekan sehingga plat  kopling bebas dari penekanan.
(b) Kanvas kopling bebas dari penekanan/jepitan sehingga putaran mesin tidak dapat diteruskan ke poros input transmisi, hanya sampai pada kanvas kopling saja memasukkan gigi transmisi bisa di mungkinkan.








Sparepart

Komponen-komponen yang ada di truk hyundai hanya dekrup dan plat kopling saja yang memiliki submition/dapat diganti dengan komponen milik truk lain, tapi itu pun sudah bagus karena memang plat kopling dan dekrup ini yang sering mengalami masalah dan paling sering diganti.
Load disqus comments

0 komentar